Pencarian populer

Membedah Ubahan All New Kawaski Ninja 250

All New Kawasaki Ninja 250 (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)

Dominasi motor sport masih dikuasai Ninja 250. Sejak kehadirannya pada tahun 2008, Kawasaki menjadi pionir pabrikan yang mengenalkan motor sport 250 cc, tidak hanya itu, Kawasaki satu-satunya produsen yang melenggang bebas berjualan sebelum kehadiran Honda CBR 250 dan Yamaha R 25.

Total sudah ada 3 generasi Ninja 250 yang sudah mengaspal di Indonesia. Akhir tahun lalu dalam acara Kawasaki Bike Week, Kawasaki mengenalkan all new Ninja 250 model 2018 yang menjadi generasi ketiga motor sport itu.  

Apa saja ubahan generasi ketiga tersebut dibanding sebelumnya?

Tampilan

Tampilannya masih ciri khas Kawasaki dengan lekukan body dan tarikan garis yang tajam. Apalagi melihatnya dari depan, masih tetap lancip namun lebih sangar, bentuk lampu utamanya seakan mirip Honda Vario 150 dan dihiasi winglet untuk meningkatkan aerodinamis.

Desain lampu belakang pun mengalami ubahan yang signifikan, sudah menggunakan LED dibalur dengan warna smoke yang terlihat makin sporty.

Bentuk airbox pun lebih besar yang sekarang disimpan di bawah tangki, untuk memaksimalkan aliran udara yang masuk ke ruang bakar juga berfungsi untuk membuang panas mesin ke arah samping, bukan ke bawah seperti Ninja sebelumnya.

All new Kawasaki Ninja 250 (Foto: Aditya Pratama Niaga/kumparan)

Melirik velg pun ternyata berubah, desain barunya menggunakan palang 5 yang lebih sederhana dan diklaim Kawasaki bobotnya kini lebih ringan dan kuat dari sebelumnya.

Belum cukup ubahan yang dilakukan Kawasaki, volume tangki bensin diperkecil menjadi 14 liter yang sebelumnya 17 liter, hal tersebut tentu membuat bobotnya lebih ringan serta desain tangki bensin yang mengecil itu akan mendukung cengkeraman paha yang lebih optimal. Selain itu, penyematan rangka trellis serta swing arm yang lebih ringan dan menyerupai sasis Kawasaki H2, juga membantu memangkas bobotnya lebih ringan dari sebelumnya.

Panel Instrumen

Speedometer menggunakan desain baru dengan kombinasi analog dan digital seperti yang dipakai pada Ninja 650 dan dilengkapi dengan posisi transmisi, odometer, jam, dan tachometer, simbol ABS, trip A dan B, konsumsi bensi rata-rata dan real time, serta informasi jarak tempuh yang dicapai dengan sisa bensin yang ada. Namun indikator perpindahan gigi masih absen.

All new Kawasaki Ninja 250 (Foto: Aditya Pratama Niaga/kumparan)

Mesin

Masih menggunakan platform mesin yang sama, hanya saja tenaganya lebih besar dari Ninja sebelumnya. Mesin all new Ninja 250 ini dapat menyemburkan tenaga sebesar 38 daya kuda (dk) pada 12.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 23,5 Nm pada 10.000 rpm. Berbeda dari generasi kedua yang hanya bertenaga sebesar 31 dk pada 11.000 rpm dan besaran torsinya 21,5 Nm pada 10.000 rpm.

All new Kawasaki Ninja 250 (Foto: Aditya Pratama Niaga/kumparan)

Harga

Harga yang ditawarkan Kawasaki untuk motor sport terbarunya ini dibanderol dengan harga Rp 61,9 juta untuk tipe terendah (standar), Rp 64,3 juta untuk warna special edition. Sedangkan untuk tipe yang sudah disematkan pengereman ABS diniagakan dengan harga Rp 71,9 juta dan Rp 72,4 juta untuk warna candy burnt orange yang menjadi varian tertinggi all new Kawasaki Ninja 250.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: