kumparan
22 Feb 2019 11:23 WIB

Membuktikan Klaim Honda soal Harga Mobilio Facelift Paling Rendah

Honda Mobilio minor change 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Honda Mobilio facelift meluncur dengan penambahan fitur yang seadanya. Lantas, mampukah ubahan itu membuatnya kompetitif atau justru membuat rapor penjualan tahun ini kembali merah.

ADVERTISEMENT
“Kita tahu Mobilio itu bukan produk yang baru lagi usianya, perubahannya tak besar, jadi dengan value (ubahan) yang lebih tinggi ini menjadi salah satu nilai lebih buat kami,” kata Public Relation Assistant Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), Yulian Karfili, saat ditemui seusai peluncuran Honda Mobilio Facelift dan Civic Turbo Facelift di Mal Kota Kasablanka, Kamis (21/2).
Dibandingkan membahas ubahan, pabrikan nampaknya lebih menyoroti soal harga Honda Mobilio facelit. Dengan ubahan yang seadanya tanpa kenaikan harga, pabrikan pun merasa cukup untuk menghadapi new Avanza-Xenia yang meluncur di Januari 2019 dan all new Livina yang dirilis pada pekan yang sama dengan Mobilio facelift.
Honda Mobilio tipe E terbaru. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Yulian paham, Honda Mobilio memang tak lagi muda. Pun dengan Mobilio facelift yang mereka rilis ke pasar: minim ubahan. Tapi ia ubahan ringan ini bisa meningkatkan nilai jual produknya.
ADVERTISEMENT
“Soal harga saya rasa sekarang sudah sangat kompetitif, mungkin salah satu yang terendah di segmennya, dengan kebaruan yang diberikan,” ucapnya.
Oke, mari kita buktikan apakah harga Honda Mobilio RS itu menjadi yang paling rendah di kelasnya.
Karena Honda cuma menawarkan mesin 1,5 liter, tentu kami hanya akan mengungkap harga untuk LMPV dengan mesin 1,5 liter saja.
Membandingkan harga Honda Mobilio Foto: kumparanOTO
Faktanya, berdasarkan data yang kami himpun Honda Mobilio RS CVT— yang menjadi tipe tertinggi— menjadi model yang paling mahal nomor tiga. Sedangkan untuk tipe bawah, Mobilio S punya harga yang lebih murah ketimbang LMPV Jepang dengan mesin 1,5 liter. Tapi bila dikomparasi dengan produk China, Mobilio bukan yang termurah.
ADVERTISEMENT

Yang berubah di Mobilio facelift tipe tertinggi dan terendah

Mobilio RS
Inilah Mobilio RS, yang menjadi kasta tertinggi. Bodinya mendapat aksen berupa stiker dan mika lampu belakang dengan warna gelap serta penambahan antena radio model sirip hiu.
Di dalam, Mobilio RS ini menggunakan head unit yang sebelumnya telah diaplikasikan pada HR-V: model floating yang seolah tak menempel pada dashboard mobil. Ubahan berikutnya adalah panel instrumen dengan desain baru dan bubuhan logo RS.
Adanya garis dengan kelir oranye, jok dengan warna dasar hitam dengan jahitan oranye harapannya bisa membangun kesan sporty di dalam kabin.
Oiya, Mobilio RS sekarang punya desain velg baru. Karena yang lama dipakai tipe E, kini ia mengunakan velg dual-tone dengan desain bintang.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk Mobilio S, yang jadi tipe terendah cuma mendapat revisi sedikit pada grille dengan penambahan garnish dua layer yang mengapit logo di bagian tengah. Lalu head unit-nya sudah 2DIN Audio yang memiliki fitur Bluetooth.
Aftersales
Karena fokus ke nilai jual, PT HPM mengandalkan program di layanan aftersales. Di mana, pemilik Honda Mobilio mendapat gratis jasa servis hingga 50.000 kilometer atau empat tahun serta memiliki paket Cermat.
“Jadi konsumen hanya tinggal beli bensin buat Mobilio saja,” ucap Karfili.
Xpander menguasai 44 persen pasar LMPV 1.5L di Indonesia 2018. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan