Pencarian populer

Menanti Vespa Elettrica Mengaspal di Tanah Air

Vespa Elettrica Foto: Vespa
Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengakui sudah menyiapkan peluncuran Vespa Elettrica ke Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Hanya saja sesuai penjelasannya lagi, skutik setrum tersebut tidak dihadirkan dalam waktu dekat. Bukan soal regulasi kendaraan listrik di Indonesia yang belum diketuk palu, dirinya menyebut harus menyiapkan layanan pendukung Vespa Elettrica.
"Saya ingin Indonesia merasakan produk kami, dan ya, kami pasti akan bawa (Vespa Elettrica, tapi saya akan perkenalkan di waktu yang tepat," ujarnya usai peluncuran Vespa Primavera S dan Sprint S di Jakarta, Kamis malam (4/4).
Video
Lalu, layanan pendukung yang dimaksud Marco meliputi kesiapan jaringan penjualan, suku cadang, homologasi, sampai layanan purnajualnya. Sebab, Elettrica termasuk motor baru yang sangat berbeda dengan motor-motor Vespa yang saat ini diniagakannya.
"Tanggung jawab saya tidak hanya membawanya, akan diluncurkan bila semua sudah siap pada waktunya. Saat ini para mekanik sedang di-training di Malaysia untuk diedukasi soal motor listrik Elettrica, kedua spare part, saya tidak ingin hanya jualan saja tapi bisa memberikan layanan purnajual dan bisa menikmati lingkungan yang nyaman," jelasnya lagi.
ADVERTISEMENT
Elettrica merupakan satu-satunya model skutik Vespa yang bertenagakan motor listrik dan dikenalkan pertama kali 2016 lalu. Unitnya dibangun dari Vespa Primavera yang punya gaya retro dengan lampu utama dan spion membulat.
Test ride Vespa Primavera edisi spesial Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sekujur body-nya diselimuti warna silver metalik. Lalu, ada list krom pada tepian body, jahitan jok, dan kosmetika pada velg yang semuanya dilabur warna biru biar kesan ramah lingkungannya terpancar.
Namun sekarang ada pilihan baru biar tidak terkesan monoton. Artinya Vespa Elettrica bisa dikustom pada warna kosmetika yang tersedia seperti Verde Boreale (hijau menyala), Giallo Lampo (kuning menyala), Nero Profondo (krom gelap), Cromo (krom metalik), dan GriGio Fumo (abu-abu gelap).
Kemudian bedanya lagi dengan Primavera bertangki bensin, panel instrumennya sudah tidak lagi berbentuk analog, melainkan diganti dengan model digital 4,3 inci yang penuh informasi soal sisa jangkauan maupun daya baterainya.
Vespa Elettrica Foto: Vespa
Nah soal jantung mekanis, Vespa Elettrica dibekali dengan baterai lithium ion 86 Ah yang bisa dilepas, dan menghantarkan dayanya pada motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga hingga 5,3 dk dan torsi 199,9 Nm dengan daya jelajah 100 km.
ADVERTISEMENT
Biar tidak menanggalkan keseruan saat berkendara, ada dua modus berkendara yang tersedia: Eco dan Power. Pilihan Eco buat menjaga daya jelajahnya jauh dan kecepatan puncak dibatasi hingga 30 km/jam, sedangkan pilihan Power untuk merasakan sensasi torsi bertenaga khas kendaraan listrik.
Lalu kapan Vespa Elettrica masuk ke Indonesia? "Jadi kami butuh waktu untuk membawa Vespa Elettrica, enggak lama, tunggu saja," tutup Marco.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.84