Pencarian populer

Mengenal Fitur Electronic Brakeforce Distribution pada Mobil Kekinian

Ilustrasi Rem (Foto: Tookapic)

Mobil-mobil keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara, baik ditujukan untuk pengemudi maupun penumpangnya. Seperti halnya di Indonesia, sejumlah pabrikan mulai menambahkan fitur keselamatan dan menjadi piranti standar pada mobil-mobil produksinya seperti anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake-force distribution (EBD).

Mengutip autobuzz, Selasa (6/3), biasanya ABS dan EBD menjadi satu kesatuan fitur keselamatan yang disematkan pada mobil keluaran terbaru, contohnya pada Toyota Avanza generasi sekarang.

Bila ABS berfungsi mencegah roda terkunci atau slip saat melakukan pengereman mendadak lalu apa fungsi EBD?

Sama seperti ABS, EBD bekerja pada mekanisme pengereman kendaraan. Hanya saja EBD mengatur penyebaran kekuatan rem yang dikirim ke masing-masing roda kendaraan sesuai kebutuhan dalam berbagai kondisi.

Jadi pembagian bobot pengereman akan berbeda pada setiap roda bergantung pada banyak barang yang dibawa, kondisi permukaan jalan, kecepatan kendaraan serta momen menikung.

Dalam penerapannya, EBD mampu mengatasi tekanan pengereman yang lebih atau kurang ke masing-masing roda, karena dalam beberapa kondisi yang dijelaskan di atas, masing-masing roda memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga EBD mampu memaksimalkan efisiensi pengereman tanpa mengurangi kontrol kendaraan.

Video

Pada video demo di atas, mobil yang dilengkapi EBD dapat deselerasi dan berhenti sesuai timing yang diperlukan, sedangkan pada mobil yang tidak ditambahkan EBD membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk berhenti.

Lebih lanjut pada mobil yang tidak dilengkapi fitur EBD, kemungkinan besar pengemudi akan kehilangan kendali kendaraan, lebih lanjut akan mengakibatkan oversteer. Dengan EBD, oversteer dapat dicegah dari pengereman yang disalurkan ke masing-masing roda untuk memperlambat dan menghindari rintangan dengan aman.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31