kumparan
18 Agu 2018 20:33 WIB

Mengenal Moge Yamaha yang Dipakai Jokowi Menuju Pembukaan Asian Games

Simulasi pengamanan oleh Paspampres (Foto: Dok. Paspampres)
Ada yang menarik dari pembukaan Asian Games 2018. Pesta olahraga terbesar negara-negara di Asia itu memang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo sebagai tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Uniknya dalam perjalanan Stadion Gelora Bung Karno --tempat diselenggarakannya pembukaan Asian Games 2018--, Jokowi digambarkan terjebak kemacetan dan memutuskan untuk menunggangi unit sepeda motor milik salah seorang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Beberapa aksi seperti melompati mobil towing, keluar masuk gang, dan atraksi lainnya dilakukan oleh orang nomor satu di Indonesia itu.
Hal di atas tentu hanya berupa skenario dan dilakukan oleh pemeran pengganti. Meski begitu tidak bisa dipungkiri kalau aksi ini luar biasa menariknya. Pertanyaan berikutnya mungkin mengarah ke apa tunggangan yang dipakai Jokowi dalam adegan tersebut?
Motor itu adalah Yamaha FZ1 edisi khusus yang memang selama ini menjadi tunggangan Paspampres. Lebih tepatnya sudah sejak tahun 2010 motor streetfigther ini digunakan untuk menjadi armada pengawal presiden. Motor ini sendiri adalah versi naked alias tanpa fairing dari Yamaha YZF-R1.
ADVERTISEMENT
Motor ini sendiri dapat dikategorikan moge mengingat mesin berkubikasi 998 cc yang dia gunakan. Detailnya Yamaha FZ1 menggunakan mesin empat 4-silinder segaris dengan pendingin udara, 20 katup, DOHC yang dikawinkan dengan transmisi manuall 6-percepatan. Di atas kertas motor ini mampu menghasilkan tenaga 150 daya kuda (dk) dan torsi maksimal 106 Nm.
Motor ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi upside down juga cakram ganda dengan kaliper radial pada ban depannya. Untuk armada Paspampres ini kelir serba hitam metalik menjadi pilihan untuk menambah kesan gagahnya.
Menariknya untuk ukuran moge bisa dibilang motor ini cukup irit karena konsumsi bahan bakarnya berkisar di 14,9 km/liter.
Motor ini sendiri masih didatangkan utuh (CBU) alias impor untuk pasar Indonesia. Harganya berdasar informasi dari Yamaha global adalah 10.290 dolar Amerika alias sekitar Rp 136 juta
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan