kumparan
24 Apr 2018 13:06 WIB

Mitsubishi Fuso Jepang Bangga Jokowi Naik Truk Kepala Kuning

"Beliau adalah satu-satunya presiden yang mengendarai multi moda,"

- Airlangga Hartanto.

ADVERTISEMENT
Kalimat pujian tersebut dilontarkan Menteri Perindustrian Republik Indonesia kala memberi sambutan dalam pembukaan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.
Sontak hadirin yang meramaikan acara tersebut menyambutnya dengan tawa. Bukan sembarang bicara tentunya, Presiden Joko Widodo memang beberapa kali menjajal kendaraan yang bukan mobil kepresidenan.
"Pertama kali dalam sejarah kita melihat truk nomor pelatnya RI 1, motor RI 1, terakhir custom build bike, RI 1 juga," tambah Airlangga.
Mitsubishi Fuso RI 1 (Foto: dok. Fuso Japan)
Bukan hanya Airlangga dan orang-orang Indonesia ternyata yang dibuat terkesima dengan hal ini. Mitsubishi Fuso pusat, Jepang, ternyata juga memperhatikan ini.
Melalui sebuah unggahan di akun Facebook @FusoOfficial mereka menyatakan rasa bangganya.
"Di kebanyakan negara lain, presiden-presidenya menaiki mobil-mobil mewah, di Indonesia, sang presiden naik mobil FUSO canter!" Tulis keterangan foto yang menyertai unggahan ini.
ADVERTISEMENT
Orang nomor satu di Indonesia itu memang sempat tertangkap kamera menumpangi satu unit truk Mitsubishi Fuso Super HD-X 6.6 kala meresmikan sebagian jalan tol Ngawi-Kertosono di Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, akhir Maret kemarin.
Jokowi dan ragam moda transportasi
Truk Mitsubishi Fuso ini sendiri bukan mode transportasi selain mobil dinas yang ditumpangi --bahkan dikendarai-- oleh Jokowi.
Tentu masih jelas diingatan kita bagaimana beliau juga baru saja sunmori ( Sunday Morning Ride) dengan motor custom emasnya dua pekan lalu, Minggu (8/4). Motor yang juga meramaikan acara IIMS 2018 ini tidak hanya menunjukkan kegemaran Jokowi dengan beragam moda transportasi tapi juga menunjukkan kalau dia terus mendorong karya anak bangsa.
Jokowi touring di Sukabumi dengan motor emas. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Sebelum motor emas ini, Jokowi juga pernah menunggangi motor trail saat meninjau pembangunan jalan Trans Papua, Mei tahun lalu. Kala itu dia mengendarai motor dengan pelat RI-1 ini sejauh tujuh kilometer.
Jokowi tinjau Jalur Trans Papua dengan motor trail (Foto: ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra)
Oleh sebab itu rasanya pernyataan Airlangga kalau Jokowi selalu mempromosikan industri otomotif lokal rasanya tidak salah juga.
ADVERTISEMENT
"Jadi bagi industriawan otomotif jangan khawatir, karena hatinya pak presiden ada di Industri ini," ujar Airlangga menambahkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan