Pencarian populer

Mitsubishi Fuso Operasikan Bengkel di Tengah Perkebunan Sawit

Mitsubishi FUSO luncurkan Colt Disel. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meresmikan workshop fleet 2S (service dan sparepart) di tengah perkebunan sawit milik Cargill Group. Fasilitas ini diharapkan bisa menekan adanya down time dan meningkatkan efisiensi konsumen fleet Mitsubishi Fuso.

Sales & Marketing Director PT KTB, Duljatmono, mengatakan, ini merupakan fleet workshop yang pertama. Fasilitas ini sengaja dibuat untuk menjangkau konsumen fleet di wilayah Sumatera dan Kalimantan yang berlokasi jauh dari bengkel.

“Kami memberi solusi ke konsumen untuk minimalkan proses perbaikan kendaraan komersial untuk menekan down time,” kata Duljatmono menjawab pertanyaan kumparanOTO di perkembunan sawit PT Popilant Sejahtera (Cargill Group), di Ketapang, Kalimantan Barat.

Ia menambahkan, kualitas layanan di workshop fleet 2S ini sama dengan bengkel resmi. Standarnya disamakan dari mulai fasilitas, mekanik, hingga suku cadang.

“Di wilayah yang lain, khususnya Kalimantan dan Sumatera, kami akan mengembangkan 10-12 workshop fleet lagi hingga akhir tahun fiskal (April 2019),” paparnya.

Presiden Direktur PT Popilant Sejahtera (Cargill Group), Anthony Yeow, menambahkan, workshop fleet yang didukung PT Gemilang Berlian Indah (Srikandi Group) ini sangat penting untuk menunjang operasional perkebunan.

Gudang suku cadang di workshop fleet Mitsubishi Fuso (Foto: Istimewa)

“Jarak perkebunan kami dengan bengkel resmi sangat jauh, bisa 4-5 jam perjalanan darat dan itu sangat tidak efisien,” katanya.

Anthony memaparkan bahwa mereka memiliki 700 unit kendaraan, yang mana 200-an unit di antaranya bermerk Mitsubishi untuk beroperasi di perkebunan seluas 51 ribu hektare, yang terbagi dalam dua seksi yakni barat dan timur.

“Pada setiap kebun ada 13 workshop satelit yang bisa dimanfaatkan untuk servis ringan, dan di masing-masing seksi baik barat maupun timur ada sentralnya. Untuk workshop pusat ini bisa menangani layanan turun mesin,” papar Anthony.

Proyek percontohan

Direktur Utama PT Gemilang Berlian Indah, Sjamsiar Achmad Bunjamin menjelaskan bahwa workshop fleet yang berada di perkebunan sawit Cargill Group ini dijadikan sebagai proyek percontohan. Diharapkan, mereka pun bisa membangun workshop serupa di beberapa wilayah lain.

Seorang mekanik tengah melakukan pengecekan kendaraan Mitsubishi Fuso (Foto: Istimewa)

Workshop fleet ini tak hanya menangani servis tapi juga dilengkapi dengan gudang penyimpanan suku cadang.

Menurut Sjamsir, jumlahnya disesuaikan dengan unit yang berada di sini. Kebanyak dari suku cadang yang berada di gudang masuk dalam kategori fast moving seperti filter, kampas rem dan kopling.

“Kami menjaga supaya tidak ada down time di perkebunan ini dan bengkel bisa top up suku cadang tiap minggu,” paparnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: