kumparan
21 Mar 2019 20:00 WIB

Mobil Warna Putih Mulai Menguning, Apa Solusinya?

New Avanza dan new Veloz Foto: Istimewa
Soal pilihan warna mobil, putih menjadi salah satu yang favorit bagi para konsumen tanah air, terlepas dari hitam dan silver. Namun ternyata ada konsekuensi yang harus diketahui, kala memiliki mobil dengan semburan tinta putih.
ADVERTISEMENT
Buddy Sukmawan, Kepala Bengkel BP Auto2000 Singosari mengungkapkan, putih memiliki karakter yang sangat berbeda dengan warna lainnya. Sehingga ada kecenderungan warnanya bakal menguning misalnya.
Dijelaskan Buddy, base putih itu atau pigmennya lebih berat dibanding dengan yang lain. Dalam jangka panjang pigmen itu akan masuk atau meresap ke lapisan bawah cat, sementara campuran yang lain akan naik ke permukaan.
Tampak depan mobil Agya. Foto: Tamara Anastasia Wijaya/kumparan
“Sehingga akan timbul efek tadi (menguning), terutama ketika ada warna white pearl, itu kadang-kadang seperti itu,” ucap Buddy Rabu (21/3).
Gejala tersebut, kata Buddy, umumnya timbul lebih dari tiga tahun. Namun, bila perawatan pemilik mobil lebih baik lagi, masalah tersebut bisa tak cepat datang.
“Itu kembali lagi, kalau sering dijemur di luar, parkir sembarangan, itu lebih cepat, kebiasaan pengendara. Harusnya juga ibarat istri kedua harus dirawat dengan baik. Buat pemakaian normal berapa tahun? Tiga tahun seharusnya tak ada masalah,” tuturnya.
ADVERTISEMENT

Lalu Apa Solusinya?

Nah, bila gejala tersebut muncul pada mobil, Buddy menyebut tak ada solusinya selain melakukan cat ulang. Karena memang pada semua mobil yang berwarna putih, itu sudah menjadi masalah yang umum dan diketahui banyak orang.
“Jadi enggak bisa dipoles, kalau kotoran saja bisa dipoles, kalau itu tak bisa karena bukan di permukaan saja, tapi di bagian dalam lapisan cat juga, mau tidak mau repaint tapi dengan dengan standar warna,” kata Buddy.
Nah, sebelum gejala tersebut melanda mobil kita sebaiknya rawat mobil dengan baik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan