Pencarian populer
Otomotif

Model Termurah Lexus, Crossover UX

Lexus UX 200 Foto: dok. Lexus

Setelah meluncurkan varian terbaru dari LX 570 pada Januari 2019 lalu, Lexus Indonesia kembali meramaikan pasar mobil mewah dengan menghadirkan SUV crossover, Lexus UX.

Modelnya ini sebenarnya telah melantai dalam gelaran GIIAS 2018 lalu, dan digadang-gadang jadi mobil Lexus termurah.

Lexus UX dibangun atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang sama dengan Toyota CH-R. Namun desain body-nya berbeda.

Lexus UX Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO

Di balik rupa crossover-nya, ada sosok Chief Engineer Lexus, Chika Kako, sebagai satu-satunya wanita dalam jajaran Executive Lexus International. Lexus UX, didesain olehnya merepresentasikan aspek petualang, dinamis, serta aktif, yang tidak meninggalkan unsur kenyamanan dan kemewahan khas Lexus.

“Bukan berkompromi, tapi berharmonisasi. Ini merupakan sinergi yang memacu terobosan dan membuka segala kemungkinan di luar imajinasi dalam menciptakan Lexus UX Series,” ujar Kako dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Jumat (22/3).

Desain dan dimensi

Lexus UX 250 H Luxury Foto: dok. Lexus

Bicara keseluruhan, desainnya pun tidak jauh beda dari mobil Lexus kebanyakan. Model grille spindle-nya begitu mencolok dan jadi ciri khas mobil kasta tertinggi Toyota Group tersebut.

Itu dari depan, tampilan belakangnya pun tak kalah menarik. Sebab ada desain lampu horizontal memanjang pada bagian pintu bagasinya yang juga punya fungsi meningkatkan aerodinamika layaknya sebuah spoiler.

Desain lampu belakang Lexus UX 200 Foto: dok. Lexus

Ada tiga varian yang ditawarkan pabrikan, pertama Lexus UX 200 Luxury, UX 200 F Sport, dan UX 250 H Luxury.

Untuk yang pertama ini punya panjang keseluruhan 4.495 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.520 mm ditambah jarak sumbu roda 2.640 mm.

Sementara pada dua varian di atas lainnya lebih panjang menjadi 4.900 mm, dengan lebar 1.820 mm, tinggi 1.450 mm, dengan wheelbase 2.820 mm.

Fitur standar

Interior serba hitam Lexus UX 200 Foto: dok. Lexus

Kalau bicara mobil mewah, maka tidak akan ada habisnya omongin berbagai fitur pemanja, keamanan, maupun keselamatannya.

Dari data teknis, keseluruhan modelnya sudah lengkap dengan smart key entry system, cruise control, ditambah 3 modus berkendara meliputi Eco, Normal, dan Sport.

Tuas modus berkendara Lexus UX 200 Foto: dok. Lexus

Sementara menyoal fitur keselamatan, sudah hadir 8 buah airbags, rem ABS, Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control, Brake Assist, Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta Emergency Brake Lights.

Lexus UX 200 Luxury

Ada tiga varian yang dikenalkan Lexus. Pertama Lexus UX 200 sebagai varian terendah. Bicara dapur pacunya, di balik kap mesinnya bersemayam mesin bensin 1.987 cc empat silinder DOHC VVT-ie yang menjanjikan tenaga hingga 168 dk dan torsi maksimum 205 Nm.

Lexus UX 200 Foto: dok. Lexus

Besaran dayanya itu bisa membuat Lexus UX 200 Luxury ini bisa lari dari diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam hitungan 9,8 detik dan kecepatan puncak 190 km/jam.

Mengenai harga, Lexus UX 200 Luxury dilepas ke pasaran dengan banderol Rp 855 juta on the road (OTR) Jakarta.

Lexus UX 200 F Sport

Bila menginginkan Lexus UX 200 yang lebih berperforma tinggi, maka varian lainnya dengan emblem F Sport. Soalnya, bukan mesin 2.000 cc yang ditawarkan, melainkan mesin dengan kubikasi 3.456 cc dengan output tenaga 272 dk pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 346 Nm pada 4.700 rpm.

Layout dashboard Lexus UX 200 Foto: dok. Lexus

Tenaganya yang besar itu juga mencatatkan waktu terbaik, yang mana dari 0 sampai 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7,1 detik dan kecepatan puncak 210 km/jam.

Soal banderol, Lexus UX 200 F Sport tersebut punya label harga Rp 895 OTR Jakarta.

Lexus UX 250 H Luxury

Terakhir ada Lexus UX 250 H Luxury yang punya bekal berbeda dari dua saudaranya tadi. Jadi, varian atasnya ini punya dapur pacu hybrid.

Lexus UX 200 sudah dilengkapi dengan moon roof Foto: dok. Lexus

Mesin 2AR-FE DOHC dual VVT-i dengan kubikasi 2.494 cc-nya itu dikawinkan pada motor listrik yang disebutkan pabrikan sebagai generasi terbaru dan menjanjikan tenaga 181 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 235 Nm pada 4.100 rpm.

Menariknya, siapa saja pengemudinya bisa mengaktifkan mode elektrik pada tombol di konsol tengah pada kecepatan rendah. Jadinya pada kecepatan rendah yang konstan, motor listriknya akan bekerja tanpa suara, ditambah tidak adanya gas buang alias emisi nol.

Interior Lexus UX 250 H Luxury Foto: dok. Lexus

Adapun mengenai banderolnya, Lexus UX 250 H Luxury ini punya label harga Rp 915 juta dengan status sama, OTR Jakarta.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: