Modifikasi Honda Brio dangan Wajah Mobilio
13 May 2018 13:59 WIB
0
0
Modifikasi Honda Brio ala Mobilio faceliftModifikasi Honda Brio ala Mobilio facelift (Foto:Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung pada akhir April kemarin, PT. Honda Prospect Motor (HPM) menghebohkan pengunjung dengan mengenalkan Honda Small RS Concept. Memang mobil yang satu ini hanya model purwarupa, namun bentuknya yang kompak dan menyerupai dengan mobil perkotaan membuat banyak yang menduga nantinya Honda Brio terbaru akan menyerupai mobil ini.
Honda Small RS Concept memiliki fascia depan dengan DNA Mobilio facelift sedangkan bagian belakangnya menyerupai buritan Honda Jazz generasi sekarang. Menurut kami, mobil mungil berkelir oranye ini sangat rignkas dan proporsional, meski bukan selera semua orang, modelnya begitu sedap dipandang.
Honda Small RS ConceptHonda Small RS Concept (Foto:dok. PT HPM)
Nah, buat yang tidak sabar dan mau punya mobil yang menyerupai mobil ini mungkin bisa mencoba mendandani Honda Brio yang ada saat ini. Ya, wajah mobil konsep ini rupanya dapat diaplikasikan juga ke Honda Brio, baik Satya maupun versi non-LCGC-nya yakni Brio RS.
Adalah Spec Rare Item, bengkel modifikasi khusus mobil kekinian yang mengubah Brio menjadi seperti Honda Small RS Concept. Hebatnya, modelnya ini justru sudah dibuat sebelum HPM mengenalkan mobil mungil bermuka Mobilio facelift-nya itu.
Dijelaskan oleh sang penggawa bengkel, semenjak itu pula pesanan untuk mengubah Honda Brio menjadi seperti Mobilio terus berdatangan.
"Awalnya mobil project aja sih, ini semenjak saya publish lumayan lah banyak yang kepingin ubahannya kaya begini, ada yang langsung datang ke sini ada juga yang minta copotannya dikirimin, kalau dikirim nanti kami kasih petunjuk cara pasangnya," ujar Muhammad Bobby salah satu penggawa Spec Rare Item saat kumparanOTO mengunjungi workshop-nya di komplek Mega Glodok Kemayoran, Jumat (11/5).
Selain itu, Bobby menjelaskan ubahan pada Honda Brio ini sudah sepaket, plug and play. Hebatnya lagi paketan ini juga bisa diaplikasikan ke Honda Mobilio sebelum facelift, meski kebanyakan konsumennya yang datang atau menanyakan modifikasinya itu dari pemilik Brio.
"Kalau ini bagian depannya sudah sepaket, barangnya copotan Mobilio facelift, atau enggak spare part langsung dari Honda juga bisa tergantung konsumen maunya yang mana," tambah Bobby.
vetxrpi1pho5cjkxttibahraz5q3fzayennkubsux4isetb7bcv4ikwsgv8oaxjgtlijgrwyuuvzfh5cozrmwatc55lfxpdji9k9nzefubbb4fp1wqnfpjytaq6keydzsphj6aciwxjd
Bobby menambahkan tidak ada kesulitan yang berarti saat merombak Honda Brio untuk punya wajah seperti Mobilio ini. Hanya saja menurut dia, varian Honda Brio Satya lebih mudah dimodifikasi karena menggunakan bohlam biasa sedangkan 'saudaranya' Honda Brio RS sudah menggunakan lampu proyektor sehingga membutuhkan modifikasi kabel juga.
"Kesulitan sih enggak ada. Cuman kan yang (Honda Brio) RS ini sebelumnya udah proyektor, terus dipasang muka Mobilio facelift yang masih lampu biasa jatohnya down spec.-kan, tapi kalo ngubah dasar mobilnya Brio Satya itu lebih gampang kan sama-sama lampu bohlam. Terus peredam di kap mesin, yang lama dicopot terus pasang di paketannya itu," tambah Bobby.
Harga dan Waktu Pengerjaan
Bicara pengerjaan, Bobby mengaku modifikasinya tidak terlalu menyita waktu, sekitar 4 jam dan konsumen sudah dapat menikmati hasilnya. Sedangkan kocek yang harus dibayarkan, dia mematok harga di bawah Rp 10 juta.
"Harga di bawah Rp 10 juta sudah termasuk ongkos pasang, cuma minusnya belum ada lampu kabut sama belum dicat, tapi bingkai fog lamp-nya tetap ada kami kasih baru malah, tinggal konsumen pasang fog lamp sendiri," tutur Bobby.
N.B.: modifikasi yang dimaksud terbatas hanya pada bagian muka saja. Untuk ubahan seperti velg dan panel instrumen tidak termasuk dalam ubahan ini.
Rumah Modifikasi: Spec Rare Item Telepon: 0813 8043 0320 Alamat: Mall Mega Glodok Kemayoran (MGK) Lt. 6 Blok E9 No. 7 & E8 No. 1-2 Kemayoran, Jakarta Pusat
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab redaksi. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: