Pencarian populer

Moge Listrik dari Amerika Serikat Akan Pecahkan Rekor Kecepatan Dunia

Curtiss Hera (Foto: dok. Curtiss)

Sepeda motor dari Amerika Serikat identik dengan mesin besar dan suara yang menggelegar dari knalpotnya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir tren elektrifikasi kendaraan mendorong hadirnya perubahan dalam ciri khas tersebut.

Harley Davidson sudah mulai 'terjun' ke kendaraan listrik lewat Project Livewire. Salah satu pabrikan sepeda motor yang juga punya sejarah panjang di Amerika Serikat, Curtiss, tidak mau kalah dan mempersiapkan sepeda motor listrik.

Bukan sembarang sepeda motor listrik tentunya, kendaraan roda dua ini disiapkan untuk menjadi sepeda motor tercepat di dunia. Curtiss Hera adalah nama yang diberikan pabrikan yang berpusat di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat ini.

Berdasar keterangan resmi dalam rilisnya, kelahiran Curtiss Hera sendiri terinspirasi dari rekor kecepatan di darat yang dibuat oleh Glenn Curtiss pada tahun 1907 lewat sepeda motor dengan mesin V8 --mesin yang biasa ditemui pada supercar ataupun sportscar. Glenn Curtiss sendiri sampai saat ini masih menyandang gelar 'Fastest Man on Earth' setalah pada 23 Januari 2017 dia menorehkan sejarah lewat catatan kecepatan 219,35 km/jam di Ormond Beach, Florida.

Glenn Curtis dan sepeda motor bermesin V8 pada tahun 1907 (Foto: dok. Curtiss)

Mengambil inipirasi dari kakek moyangnya itu, Curtiss Hera mengadopsi penyematan mesin V8-nya. Namun karena berbasiskan listrik mesin pembakaran internal itu disulap menjadi batertai V8. Sebuah terobosan teknologi terbaru untuk kendaraan listik. Selain itu sebagi penggeraknya, digunakan motor E-Twin di bagian bawah joknya.

"Dengan Hera, kami mempersiapkan sepeda motor paling mewah di dunia. Dilengkapi dengan aristektur baterai V8 yang perama di dunia, motor E -Twin yang bertenaga luar biasa besar namun tetap halus, dan wheelbase 66 inci. Hera akan menghadirkan kelasnya sendiri," tutur CEO Curtiss Motorcycles Matt Chambers.

Curtiss sendiri sampai sejauh ini belum meluncurkan spesifikasi resmi dan catatan kecepatan maksimal sepeda motor ini. Namun bermodal teknologi sepeda motor listrik anyarnya, mereka berani siap untuk melewati rekor kecepatan yang dicatatkan predesesornya.

Curtiss sendiri sebelumnya sudah memperkenalkan Zeus Concept, sepeda motor listrik pertama yang meminjam nama dewa petir. Curtiss sendiri membeli label 'Hot Rod Gods' pada varian sepeda motor listriknya selaras dengan penamaan Hera yang merupakan istri dari Zeus dalam mitologi Yunani.

Curtiss Zeus sendiri rencananya akan masuk lini produksi pada tahun 2019 untuk menantang Harley Davidson Livewire di segmen sepeda motor listrik kelas atas.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: