kumparan
4 Apr 2018 14:24 WIB

New Vios Datang, Honda City Tak Akan Goyang

Honda City (Foto: Honda)
Meski pasar segmen sedan kompak di Indonesia tergolong sangat kecil, tidak menyurutkan agen pemegang merek seperti Honda dan Toyota untuk tetap menjualnya, terlebih segmen kecil ini hanya dihuni oleh Honda City, Toyota Vios dan Suzuki Ciaz.
ADVERTISEMENT
Puncaknya kemarin, Toyota merilis new Vios untuk menghadang laju Honda City yang terus mendominasi pasar segmen sedan kompak di Tanah Air tanpa pesta atau seremoni layaknya peluncuran produk terbaru. Model baru yang ditawarkan kini lebih kaya akan fitur keselamatan dan wujudnya identik dengan new Toyota Yaris yang diluncurkan 21 Februari lalu.
Bicara peluncuran Toyota Vios kemarin, Honda tak ingin ambil pusing sebab masing-masing agen pemegang merek sudah memberikan produk terbaik yang menjadi pilihan konsumen.
"Kan pilihan konsumen, kami tentunya mencoba menawarkan yang terbaik dari segi produk, biaya pemakaian (Honda City) yang rendah maupun aftersales service sampai harga jual kembali yang tinggi," jelas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) saat dihubungi kumparanOTO, Rabu (4/4).
ADVERTISEMENT
Mengacu data wholesales (distribusi unit pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kontribusi segmen sedan kompak (mini) sepanjang tahun 2017 hanya berada di angka 1.801 unit saja, atau sekitar 0,17% dari total distribusi segmen yang menembus angka 1,079 juta unit.
New Toyota Vios (Foto: dok. PT TAM)
Angka tersebut turun dua kali lipat dibanding tahun 2016 yang mampu mencatat kontribusi sebesar 0,25 persen atau sebesar 2.743 unit dari total 1,062 juta unit.
Meski tren sedan kompak terus turun dalam tiga tahun terakhir, setidaknya Honda City terus mengamankan posisi teratas, sementara Toyota Vios terus menempel ketat di bawahnya, disusul Suzuki Ciaz yang penjualannya hanya dilakukan made by order ke diler Suzuki.
Sejalan dengan kehadiran model terbaru Toyota Vios, Jonfis tetap optimis Honda City generasi keenam yang ditawarkannya tetap memegang kuasa pasar segmen sedan kompak di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Ya dong (tetap optimis mendominasi segmen sedan kompak)," tutup Jonfis.
Wholesales Sedan Kompak 3 Tahun Terakhir Tahun 2015: 3.465 unit Tahun 2016: 2.743 unit Tahun 2017: 1.801 unit
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·