kumparan
4 Jul 2018 16:11 WIB

Pedagang Mobil Bekas Dapat Untung Kebijakan Perluasan Ganjil-Genap

Mobil Bekas (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO)
Uji coba perluasan sistem ganjil-genap di Jakarta jelang Asian Games diberlakukan. Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta secara resmi memberlakuka uji coba sistem pengaturan lalu lintas ini di sejumlah jalan arteri pada Senin (2/7).
ADVERTISEMENT
Otomatis, banyak pengendara yang harus menyiasati aturan ini dengan mencari jalan alternatif. Tak hanya itu, diberlakukannya kebijakan ini ternyata memberikan berkah kepada pedagang mobil bekas.
Senior Marketing Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, menuturkan bahwa kebijakan ini membuat memberikan dampak positif terhadap penjualan di pasar mobil bekas.
"Wah, lagi bagus-bagusnya nih. Gara-gara itu (perluasan ganjil-genap) semua orang jadi pada nyari mobil (bekas) baru," kata Herjanto saat dihubungi kumparanOTO, Rabu (4/7).
Bukan tanpa dasar, ia melihat tren penjualan mobil bekas justru mengalami pertumbuhan setelah momen Lebaran. Padahal biasanya, kata Herjanto, tren penjualan mobil bekas turun setelah hari raya.
"Biasa sehabis Lebaran itu pasarnya loyo, tapi tahun ini jadi ramai," terangnya.
ADVERTISEMENT
(Hati-hati dalam membeli mobil bekas, pastikan kamu tidak kena tipu dengan mengetahui serba-serbi tentang mobil bekas di sini)
Mobil bekas (Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparan)
Tingginya permintaan terhadap mobil bekas tentunya berdampak pada pasokan yang terbatas dan pada akhirnya mengerek harga. "Kalau sekarang minggu-minggu awal sih kenaikan harga sekitar 5 persen lah, belum sampai 10 persen," terang dia.
Sementara itu, Herjanto menuturkan bahwa mobil-mobil yang jadi pilihan konsumen ialah yang berjenis city car seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio. Model MPV seperti Toyota Avanza juga masih menjadi primadona di pasar mobil bekas.
"Kalau ini ganjil-genap sukses (mengurai kemacetan) kan akan dijalanin terus. Kalau saya sih senang-senang saja, kalau bisa di semua jalanan Jakarta kalau perlu," ujarnya dengan nada bercanda.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·