Pencarian populer

Perbedaan 2 Tipe Baru Wuling Cortez 1.5 yang Lebih Ekonomis

Wuling Cortez 1,5 liter (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)

Wuling Motors (Wuling) menunjukkan bahwa mereka memang berniat untuk menguasai pasar multi-purpose vehicle (MPV) di Indonesia. Kamis (19/4), pabrikan lima berlian ini secara resmi memperkenalkan varian baru untuk mobilnya Wuling Cortez yang menggunakan mesin berkapasita 1.500 cc alias Wuling Cortez 1.5.

Langkah ini bisa dikatakan cukup ambisius mengingat Wuling Cortez baru saja dihadirkan Februari 2018 (saat itu hanya hadir dengan mesin berkapasitas 1.800 cc) . Selain itu dengan kehadiran varian baru ini Wuling melengkapi line-up mereka untuk semua kelas harga MPV.

Sebelum kehadiran Cortez 1.5, Wuling punya Confero di kelas entry-level alias low MPV. Mobil ini berada pada kisaran harga Rp 131 juta hingga Rp 168 juta (bergantung pada varian dan tipe transmisi). Sedangkan untuk mengisi segmen mid MPV mereka punya Wuling Cortez 1.8 yang varian terendahnya dijual dengan harga Rp 218 juta dan yang paling tingginya dihargai Rp 264 juta.

Nah, Wuling Cortez 1.5 diproyeksikan hadir untuk mengisi ceruk yang di antara dua produk mereka ini lewat dua tipe yang mereka jual dengan harga Rp 193,8 juta (tipe S) dan Rp 203,8 juta (tipe C).

Meski menggunakan mesin dengan teknologi yang sama, terdapat perbedaan konfigurasi kemudi untuk Wuling Confero dan Cortez 1.5. Yang disebut pertama berpenggerak roda belakang (RWD) yang satu lagi menggunakan penggerak roda depan (FWD). Selain itu baik Wuling Confero maupun Cortez 1.5 sama-sama masih hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan saja.

Perbedaan tampak luar pada Wuling Cortez 1.5

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kin Wuling Cortez punya dua varian mesin yang terbagi dalam empat tipe. Jika dirunut dari varian terendah ke paling tinggi ada Wuling Cortez 1.5 tipe S, Wuling Cortez 1.5 tipe C, Wuling Cortez 1.8 tipe C, dan Wuling Cortez 1.8 tipe L. Keempat tipe ini memiliki dimensi yang sama.

"Untuk tipe S dan C (Wuling Cortez 1.5) ini perbedaannya ada pada fitur dan tampilan," jelas Product Planning Specialist Wuling Arief Ramadhi saat presentasi produk terbaru ini.

Wuling Cortez 1.5 (Foto: dok Wuling Motors)

Dari tampak luar, perbedaan paling mudah dilihat dari keberadaan DRL LED dan lampu kabut yang hanya ada pada tipe C. Selain itu desain velg pada seri terendah masih menggunakan single colour, sedangkan tipe C sudah diberikan velg two tone colour. Terakhir, yang berbeda dari tampilan luarnya, ada pada keberadaan shark fin antena pada tipe C.

Wuling Cortez 1.5 (Foto: dok Wuling Motors)

Perbedaan Fitur

Nah jika kita bicara fitur --yang ada sangat banyak pada mobil ini, perbedaannya mulai terasa. Untuk tipe S sudah dilengkapi dengan:

1. Adjustable projector headlamp 2. Lampu sein belakang dan lampu pada spoiler LED 3. MID 3,5 inci 4. Sistem hiburan yang mencakup radio, USB dan Aux 5. AC double blower 6. Port USB charger di tiap baris 7. Rem ABS + EBD 8. ISOFIX 9. Dual SRS Airbag 10. Anti Theft System 11. Keyless entry 12. Remote pada kunci untuk membuka kaca dan bagasi

Wuling Cortez 1.5 (Foto: dok Wuling Motors)

Sedangkan untuk tipe C yang lebih mahal Rp 10 juta mendapat fitur-fitur tambahan dari fitur yang ada pada tipe S berupa:

1. LED daytime running light (DRL) dan lampu kabut depan 2. Kaca spion lipat otomatis 3. Sistem hiburan dengan layar sentuh 8 inci yang terintegrasi dengan bluetooth, USB, SD card, dan Aux 4. Kamera parkir 5. Tire Pressure Monitoring System (TPMS) 6. Sensor parkir belakang, empat titik 7. Immobilizer 8. Setir kemudi dengan tombol pengaturan audio dan telepon

Wuling Cortez 1.5 (Foto: dok Wuling Motors)

Itu untuk dua tipe baru Wuling Cortez 1.5. Sedangkan jika memang ada uang berlebih tidak ada salahnya melirik Wuling Cortez 1.8 tipe C yang berbeda harga 'hanya' sekitar Rp 14 juta namun dilengkapi dengan mesin dengan kubikasi lebih besar --1.798 cc, pilihan transmisi manual dan otomatis dan fitur keamanan dan keselamatan yang lebih lengkap. Adapun tambahan fitur pada Wuling Cortez 1.8 C antara lain:

1. Electric Parking Brake (EPB) 2. Automatic Vehicle Holding (AVH) 3. Hill Hold Control (HHC) 4. Electronic Stability Control (ESC) 5. Traction Control 6. Brake Assist (BA)

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57