Pencarian populer

Pillar A Display System, Fitur Baru yang Bisa Minimalisir Blind Spot

Ilustrasi fitur Pillar A Display System (Foto: dok. Ride on Magazine)

Banyak kecelakaan atau tabrakan yang terjadi di jalan raya akibat blind spot. Ya, blind spot, sebuah bidang pandang yang tidak terlihat oleh mata saat mengendarai kendaraan.

Umumnya blind spot yang ada di mobil kebanyakan berada di pilar A kanan dan kiri yang tebal bentuknya. Tak jarang untuk meminimalisir blind spot pabrikan membentuknya sekecil mungkin agar pandangan ke samping dapat terjaga.

Namun Hyundai dan Kia punya cara lain agar pilar A tidak melulu menjadi kambing hitam atas kecelakaan yang terjadi. Jenama Korea itu sudah mematenkan fitur keselamatan terbaru berupa teknologi layar pilar A yang mampu menampilkan visibilitas di depannya.

Nama teknologi tersebut adalah Pillar A Display System. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengendaranya melihat material yang terhalang pilar A, jadi semacam pilar A yang tembus pandang.

Rancangan Pillar A Display System Hyundai (Foto: dok. HMC)

Cara kerjanya, fitur ini memanfaatkan teknologi pemindai objek pada bagian pilar. Selanjutnya teknologi itu akan memproses segala material yang tertangkap dan menampilkannya pada keseluruhan pilar A mobil, demikian seperti melirik laman resmi Hyundai.

Menariknya lagi Pillar A Display System besutan Hyundai Motor Company (HMC) ini bisa diatur sesuai posisi duduk dan mata. Tidak kalah penting, tampilan pada pilar A-nya itu juga memiliki pengaturan fokus agar bisa menampilkan pandangan yang tajam.

Awalnya HMC sudah mengajukan hak paten atas teknologinya itu pada pertengahan Oktober tahun lalu. Namun pada pertengahan Oktober tahun ini United States Copyright Office, lembaga yang menerbitkan hak paten atas teknologi produk yang dijual secara global baru mengeluarkan hak paten tersebut.

Jadi secara tidak langsung HMC sudah selesai mengembangkan teknologi Pillar A Display System sejak setahun lalu. Hanya saja baru disetujui alias mendapatkan paten setahun kemudian.

Ilustrasi fitur Pillar A Display System Toyota (Foto: dok. Clemson)

Walaupun bukan pabrikan pertama yang mematenkan fitur tersebut, setidaknya Hyundai dan Kia sudah lebih unggul dibanding pabrikan lain yang belum mengusung teknologi tersebut.

Sebelumnya sudah ada pabrikan mobil-mobil mahal seperti Jaguar, Land Rover, dan Toyota yang sudah mengembangkan teknologi itu. Bahkan pabrikan-pabrikan mobil tersebut menyebut teknologi Pillar A Display System sebagai pilar yang transparan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21