kumparan
23 Apr 2019 10:25 WIB

Proton Kembangkan Teknologi Mobil Tanpa Sopir

Proton. Foto: Reuters/Edgar Su
Perusahaan mobil asal Malaysia yaitu Proton, tak mau ketinggalan untuk mengembangkan teknologi. Buktinya, mereka siap menguji coba teknologi otonom yang diaplikasikan pada model MPV-nya, yakni Exora.
ADVERTISEMENT
Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohamad bersama Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Gobind Singh Deo, telah menjajal Exora dengan teknologi otonom di Purajaya beberapa waktu lalu.
Perdana Menteri Malaysia menjajal Proton Exora Otonom Foto: dok. Paultan
Dilansir dari Paultan, unit Proton Exora otonom tersebut merupakan hasil kerjasama pengembangan dengan perusahaan teknologi komunikasi Celcom. Mobil ini telah dilengkapi oleh berbagai kamera, radar, dan sensor LIDAR yang memungkinkan mobil tersebut dapat mengetahui kondisi lingkungan sekitarnya.
Adapun, teknologi ini merupakan tindak lanjut pengembangan sistem otonom yang dikembangkan oleh perusahaan startup asal Singapura, eMooVit Technology. Sistem mengemudi otonom tersebut, tetap mengharuskan pengemudi berada di balik kemudi dengan kondisi tetap siaga.
Proton Exora Otonom Foto: dok. Paultan
Untuk pemetaan jalannya, sistem ini akan selalu terkoneksi dengan server pusat agar dapat memberikan informasi pemetaan terbaru. Mobil ini juga menganut sistem komunikasi dua arah, sehingga dapat memberikan pembaruan peta kepada mobil lain terkait kondisi jalan dan bahaya lainnya.
ADVERTISEMENT
Untuk menunjang hal tersebut, mobil ini akan menggunakan sistem Komunikasi Seluler Vehicle-to-Everything (C-V2X) yang mana tentunya akan bergantung pada data seluler. Sementara jaringan data seluler mobil otonom ini akan menggunakan jaringan data seluler 5G yang membuatnya mampu terkoneksi dengan cepat.
Nantinya, jika sistem jaringan data seluler tersebut mendapatkan masalah atau tidak dapat terkoneksi, maka pengemudi dipastikan akan kembali bekerja untuk mengambil alih kemudi mobil.
Proton Exora Foto: dok. Proton
Proton Exora sendiri saat ini mengadopsi mesin berkapasitas 1.6 liter dengan tenaga output 138 dk dan torsi 205 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis CVT.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan