kumparan
10 Apr 2019 18:05 WIB

Redmi Car, SUV ‘Ramah Kantong’ Buatan Xiaomi

Xiaomi Redmi Car Foto: dok. Digitalphablet
Xiaomi di Indonesia diasosiasikan dengan perusahaan teknologi perangkat keras maupun smartphone berbanderol terjangkau.
ADVERTISEMENT
Namun siapa sangka, di negara asalnya, jenama China ini terus mengepakkan sayapnya soal pengembangan lini bisnisnya. Terakhir, pabrikan mencoba menggoda dewi fortunanya dengan menghadirkan sebuah SUV berjuluk Xiaomi Redmi Car.
Ya, sebuah mobil utuh yang dapat mengaspal di jalanan biasa, alias bukan smartphone yang dijadikan mobil atau mobil berwujud smartphone.
Xiaomi Redmi Car Foto: dok. Digitalphablet
Yang bikin menarik adalah, Xiaomi Redmi Car begitu minim pemberitaan soal model konsep maupun bocoran layaknya mobil baru yang dikamuflase sedang uji jalan.
Sebenarnya tak berapa lama, langkah Xiaomi ini sudah terendus sejak 4 bulan lalu. Kala itu pabrikan berlambang Mi oranye ini mengumumkan kerja samanya dengan FAW (First Auto Work) --salah satu pabrikan otomotif besar di China-- buat menyematkan teknologi virtual assistant Xiao-AI pada mobil-mobil keluaran terbarunya.
ADVERTISEMENT
Seperti diwartakan Digitalphablet, Redmi Car sejatinya bukan produk hasil buatan Xiaomi asli, melainkan merupakan hasil kolaborasi dan rebadge dari model Bestune T77. Nah Bestune sendiri ini merupakan anak perusahaan FAW yang memproduksi mobil penumpang.
Xiaomi Redmi Car Foto: dok. Digitalphablet
Secara keseluruhan, model SUV-nya mirip dengan Range Rover Evoque yang punya model floating roof. Kemudian belakangnya agak mirip bentuknya dengan DFSK 560 yang sebentar lagi akan diumumkan harga resminya.
Nama yang asing sebenarnya di China, apalagi di Tanah Air. Bestune T77 mengawali debutnya pada November 2018 lalu yang melantai di gelaran Guangzhou Auto Show.
Modelnya secara ukuran sebenarnya mirip dengan Wuling Almaz. Xiaomi Redmi Car punya panjang dimensi 4.525 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.615 mm, ditambah panjang sumbu roda mencapai 2.700 mm.
ADVERTISEMENT
Di balik kap mesinnya, pabrikan menyematkan mesin bensin 1.200 turbocharged yang menjanjikan tenaga sampai 141 dk dan torsi maksimum 204 Nm. Daya maksimumnya tersebut dikawinkan pada transmisi manual 6-percepatan.
Bicara harga, pabrikan melepasnya ke pasaran dengan banderol 89.800 hingga 134.000 yuan atau sekira Rp 187-282 juta.
Xiaomi Redmi Car Foto: dok. Digitalphablet
Xiaomi bukan pabrikan pertama yang meluncurkan produk kolaborasinya dengan perusahaan otomotif, sebelumnya pada akhir Maret, Samsung telah curi start mengenalkan XM3 yang berbasis Renault Arkana di gelaran Seoul Motor Show.
Lalu bagaimana dengan pabrikan smartphone lain? Siapkah luncurkan mobil juga? Kita nantikan saja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan