kumparan
7 Sep 2019 10:25 WIB

Royal Enfield 650 Gallinela yang Mempesona

Modifikasi Royal Endfield 650 Twin bergaya Old-School Foto: Baakmotocyclettes
Royal Enfield kembali merilis proyek modifikasi berbasis 650 Twin. Kali ini, mereka berkolaborasi dengan BAAK Build asal Lyon, Prancis.
ADVERTISEMENT
Gallinella namanya. Motor ini bakal dipamerkan di ajang Wheels & Waves Festival 2019.
Tampilan ala scrambler yang jadi ciri khas 650 Twin Interceptor dirombak. BAAK Build sukses membuatnya memiliki karakter yang sedikit berbeda.
Modifikasi Royal Endfield 650 Twin bergaya Old-School Foto: dok. Baakmotocylettes
Kalau kita bicara ubahannya, modifikator masih mempertahankan tangki BBM standar yang dikelir warna merah maroon dengan sedikit warna putih di area penjepit paha. Terlihat sederhana namun memiliki karakter.
Tangki BBM Royal Endfield bergaya Old-School Foto: dok. Baakmotocyclettes
Selanjutnya, disematkan ‘bathtub’ fairing berukuran besar menutupi hampir keseluruhan sisi belakang motor tersebut. Desain dan motif bagian ini masih seirama mengikuti desain motif pada bagian tangki. Secara total, side panel ini mengalir hingga bawah dekat footsteep penumpang.
Pemilihan bentuk desain side panel ini memang ramai digunakan di motor produksi hingga motor balap era 50 -60an. Side panel tersebut semakin membangkitkan aura motor klasik yang unik pada Royal Enfield Interceptor 650.
Modifikasi Royal Endfield Interceptor 650 bergaya Old-School Foto: dok. Baakmotocylettes
Beralih ke bagian depan, desain headlamp-nya mengikuti karakter pada bagian tangki dan side panel. Bentuknya membulat dari Lucas P700 dengan motif kasar di area kaca lampu, bentuk speedometer terlihat sederhana memadukan indikator jarum dan digital.
Jenis setang Royal Endfield bergaya Old-School Foto: dok. Baakmotocylettes
Bentuk setang dari Gallinela terbilang unik. Bermodel lebar tetapi menjorok ke dalam, sekilas mirip dengan desain setang motor Chooper. Jenis setang ini dipilih agar pengendara tetap merasa nyaman berkendara di atas motor kustom.
Jok kulit dengan uretan klasik Foto: dok. Baakmotocylettes
Bentuk dan desain jok pun diubah, kini mengandalkan jok kustom dengan uretan klasik. Sementara untuk bahan dan warna yang dipilih adalah kulit dan hitam.
ADVERTISEMENT
Urusan suspensi depan, belakang dan lengan masih mempercayakan dalam keadaan bawaan pabrik, ubahannya berada di pemilihan ukuran velg yang kini menggunakan ukuran 18 inci dibalut ban dari Dunlop Roadmaster.
Knalpotnya berukuran pendek, berbahan alumunium dan stainless Foto: Baakmotocyclettes
Urusan jantung mekanis juga masih mengandalkan keadaan standar. Hanya saja agar tampil lebih menarik disematkan knalpot berukuran pendek. Bahan yang digunakan adalah aluminium pada bagian muffler (knalpot) , sementara untuk manifold (leheran) menggunakan stainless steel.
Bagaimana Anda tertarik? Bisa saja modifikasi ini menjadi bahan dan inspirasi untuk Royal Enfield Anda. Dan tak menutup kemungkinan, tampilan dan gaya motor ini bisa diaplikasikan di jenis dan merek motor lain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan