kumparan
16 Sep 2019 17:27 WIB

Saat Honda Vario Berubah Wujud Jadi Board Tracker

Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Modifikasi motor mungkin jadi hal biasa kalau tidak mengubah bentuk asli si motor. Tapi jadi tidak biasa bila menyulapnya sehingga punya tampilan yang bikin pangling.
ADVERTISEMENT
Hal itulah yang dilakukan Hendra Agus si penggawa Baronk Custom yang bermarkas di Bogor. Lewat jari-jemarinya, sebuah Honda Vario lansiran 2010 disulapnya punya tampilan Board Tracker --aliran motor kustom yang lahir berkat balapan board track di Amerika pada tahun 1910 sampai 1920-an.
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tak cuma itu, bila melihat detail karyanya, ada ragam sentuhan ornamen budaya khas Jawa Barat, seperti grafiran pada blok mesin, grafis pada tangki, hingga model palang velg-nya yang menyerupai kujang, senjata khas Jawa Barat.
"Alasan penggunaan kujang agar kental unsur budayanya, jadi si pemilik mau menonjolkan kalau motor ini digarap warga Bogor, nah itu semuanya saya bikin sendiri dibantu teman di bengkel," ujar Hendra saat ditemui beberapa waktu lalu.
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker yang desain velg-nya menyerupai kujang Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Soal basis motor, kata Hendra jenis apapun bisa disulap beraliran Board Tracker. Untuk yang Vario ini diambil mesinnya, kemudian dirombak sehingga komponen penggeraknya bukan lagi belt, melainkan menggunakan rantai dan gir.
ADVERTISEMENT
"Pertimbangannya pakai rantai dan gir karena posisi mesin ada di tengah. Jika tetap menggunakan pakai V-belt, motor tidak jadi aliran Board Tracker (karena rangka bagian belakang tidak panjang),” kata Hendra.
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sebagai ciri khas motor Board Tracker, ada pada model rangkanya yang rigid, kemudian posisi tangki berada di bawah rangka utamanya. Tak cuma itu, desain setang pun juga ada lekukan ke bawah pada tiap ujungnya. Ya layaknya motor sport lah.
Secara keseluruhan, Hendra bilang hampir 80 persen dari karyanya ini buatan tangan. Termasuk pada pembuatan rangka, tangki, velg, dan komponen printilan lain.
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Kami mau tunjukkan kalau mesin matik pun dapat dijadikan bahan motor kustom aliran Board Tracker. Enggak harus motor besar atau kopling, tinggal kustom rangka dengan perhitungan matang," timpalnya.
ADVERTISEMENT
Bicara teknis, rangkanya ini dibuat dari pipa besi dengan diameter 3 mm. Velg kustomnya punya ukuran 21 inci serta suspensi depannya bergaya springer yang juga hasil kustomisasi sendiri.
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Motornya juga terbilang minimalis dan ringkas. Maksudnya tidak ada perkabelan yang terlihat, karena sengaja disematkan di dalam frame. Urusan lampu depan, pakai copotan dari sepeda ontel.
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker yang menggunakan lampu sepeda onthel Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Menariknya lagi, velg depannya itu tidak tersematkan cakram atau tromol. Pengeremannya mengandalkan sistem pada bagian velg belakang motor. Penempatan mekanisme pun bukan ada di handle kiri, melainkan pada pedal kanan sehingga mirip seperti yang ada pada motor kopling.
Motor kustom Honda Vario Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Oh iya soal detail lain ada pada joknya. Memang tidak dibalut busa atau kulit sintetis, Hendra sengaja membuatnya dari kayu kelapa yang katanya sudah berumur 10 tahun. Lalu biar tetap nyaman diduduki, setelah diamplas, permukaan kayu sebagai jok itu dilapisi resin.
Jok dengan kayu pohon kelapa motor kustom Honda Vario Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Motor kustom Honda Vario jadi Board Tracker yang joknya menggunakan kayu pohon kelapa Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Berkat kreasi tangan dinginnya, hasil karya Hendra ini pun didapuk sebagai jawara kategori Matic Custom pada perhelatan Suryanation Motorland Battle di Makassar awal bulan ini.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, tertarik bikin Vario jadi seperti ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan