kumparan
4 Agu 2017 15:22 WIB

Sinyal Toyota soal Debut CH-R di Indonesia

Toyota C-HR (Foto: Dok. Toyota UK)
Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kembali dimanfaatkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk memamerkan kompak SUV (Sport Utility Vehicle).
ADVERTISEMENT
Bedanya, Toyota C-HR pada edisi tahun ini dipamerkan dalam versi produksi dan bukan dalam bentuk konsep pada GIIAS 2016. Lalu, apakah itu memperkuat sinyalemen soal debut C-HR tak lama lagi di Indonesia?
Saat ditanya soal ini, Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto belum bisa memastikan. Dia hanya bilang bahwa soal debut Toyota C-HR saat ini tengah melakukan sejumlah persiapan, termasuk riset dari pasar dan kebutuhan konsumen.
Bahkan, unit Toyota C-HR yang dipamerkan tidak akan disertakan dengan informasi spesifikasi terkait produk itu. Dia pun tak berani mengonfirmasi ketika ditanya kumparan (kumparan.com) perihal spesifikasi mesin, apakah menggunakan mesin 1,8 liter atau 1,5 liter.
"Oke, saya jawabnya begini dulu. Kalau Toyota itu punya local development dan ada juga yang dilakukan oleh prinsipal Asia Pasifik. Perubahan, ada yang radikal dana juga enggak radikal," kata Executive General Manager Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Toyota C-HR sudah lebih dulu meluncur di Malaysia. Di sana, Compact High Rider tersebut mengusung mesin besin 1,8 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT (continuously variable transmission).
Toyota C-HR yang diperkenalkan tahun lalu memiliki pilihan mesin 1,2 liter dan 2,0 liter bensin, serta 1,8 liter bensin pada versi hybrid. Rinciannya, mesin 1,2 liter turbocharged empat silinder mampu memproduksi tenaga 116 PS dan 185 Nm, serta mesin 2,0 liter naturally aspirated empat silinder menjanjikan tenaga 144 PS dan torsi 188 Nm.
Sedangkan pada model hybrid, mengandalkan mesin 2ZR-FXE 1,8 liter yang memuntahkan tenaga 98 PS dan torsi 142 NM yang dikawinkan dengan motor listrik 1NM dengan tenaga 72 PS dan torsi 163 Nm.
ADVERTISEMENT
Kembali pada Toyota C-HR untuk pasar Malaysia, dia mendapat fitur follow-me headlights, puddle lamps, multifunction steering wheel with gloss black inserts, dan Rear Cross Traffic Alert.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan