Pencarian populer

Skutik Honda X-ADV Laku 5 Unit di IIMS 2019

Honda X-ADV Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Astra Honda Motor (AHM) menuntaskan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) edisi 2019 dengan catatan positif. Tak kurang dari 1.223 unit roda dua merek sayap mengepak berhasil terjual.

Lima dari angka itu diisi oleh model yang mereka debut dalam hari pembukaan IIMS, Honda X-ADV. Ya, motor yang dipersiapkan punya banderol kisaran Rp 435-450 jutaan itu selama 11 hari pameran sudah dipesan 5 unit.

Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya mengungkapkan, sejak hari pertama IIMS 2019, Honda X-ADV sudah bisa dipesan dan distribusi unit ke konsumen paling cepat pada bulan Juli mendatang, sekaligus pengumuman banderol resminya.

"Pemesanan dengan tanda jadi kurang lebih Rp 20 juta, dan sudah tersedia di 11 jaringan Big Wing kami," ungkap Thomas kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya kendaraan gado-gado antara matik dan motor petualang ini sudah dipamerkan pabrikan tahun lalu sebagai tes pasar. Karena animo yang diterima positif, AHM memutuskan buat menjualnya.

Desain lampu utama Honda X-ADV Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang mencolok antara Honda X-ADV versi Indonesia maupun negara lain. Hanya saja guna memenuhi regulasi, ada penyesuaian minor.

"Ada sedikit, tentu disesuaikan pasar Indonesia, seperti regulasi pelat nomor (depan dan belakang), dan sudut lampu depan (tidak terlalu tinggi), juga warna swing arm jadi hitam," lanjutnya.

Desain panel instrumen Honda X-ADV Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Thomas kemudian menjelaskan tidak menargetkan angka khusus pada jagoan terbarunya ini. Sebagai motor yang mengisi segmen sport, apalagi berkapasitas mesin besar, jenama Jepang ini dijelaskannya tidak pernah pasang target. "Enggak ada target ya, menyesuaikan kebutuhan kustomer saja," timpalnya.

Bicara spesifikasinya, Honda X-ADV punya panjang dimensi 2.260 mm, lebar 910 mm, tinggi 1.381 mm, dan ground clearance 162 mm. Untuk tinggi joknya mencapai 820 mm.

Soal mesin, rangkanya disematkan dapur pacu berkapasitas 745 cc berpendingin cairan SOHC dua-silinder yang sanggup memuntahkan tenaga sampai 54 dk pada 6.250 rpm dan torsi maksimum 68 Nm pada 4.750 rpm.

Tombol-tombol pada handle bar kiri Honda X-ADV Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Hebatnya, pengendaraan bisa dilakukan dengan dua mekanisme: otomatik dan manual 6-percepatan. Kalau otomatik tinggal gas layaknya motor matik biasa, kemudian manual dengan memainkan toggle plus (menaikkan gigi) dan minus (menurunkan gigi) yang berada di handle bar sebelah kiri.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63