kumparan
26 Mar 2019 20:31 WIB

Status Honda BR-V Baru Hanya Sekadar Facelift

Honda BR-V Foto: Citra Pulandi Utomo/kumparanOTO
Honda BR-V nampaknya kurang kompetitif seiring dengan masuknya Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush baru. Untuk itu, pabrikan pun berencana menghadirkan versi penyegaran pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Data Gaikindo memperlihatkan, catatan manis Honda BR-V paling tinggi terjadi di tahun 2016 yang mengantongi 38.666 unit penjualan. Torehannya pun menurun di tahun berikutnya menjadi 21.932 unit dan sepanjang tahun 2018 hanya mencetak 9.143 unit.
Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, sedikit menyinggung soal penyegaran terhadap Honda BR-V.
"Produk tidak bisa berubah banyak, kalau mau berubah banyak itu full model change sekalian interiornya dan lain-lain, sampai saat ini ya kami akan bertahan dengan BR-V yang sekarang," ungkap Jonfis usai selebrasi 20 tahun PT HPM di pabriknya di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3).
Lewat pernyataan tersebut, publik nampaknya tidak perlu terlalu berharap pada model penyegaran Honda BR-V. Bisa jadi hanya berkutat pada penambahan ornamen estetika saat diluncurkan pada IIMS tahun lalu, atau sekadar penambahan fitur pada interiornya.
ADVERTISEMENT
"Perubahannya ya sesuai dengan survei yang kami lakukan," katanya lagi.
Honda BR-V Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Dari segi daur hidup mobil, kata Jonfis, Honda BR-V belum pantas untuk mendapatkan ubahan yang besar atau major change.
"Kalau produksi lokal itu kan memang agak panjang, sekitar 6 tahun, tergantung sama unitnya dan lain sebagainya bisa berubah terus," imbuhnya.
Facelift yang dimaksud Jonfis sebagai strateginya menjaga konsumen loyalnya untuk tidak beralih, ataupun merengkuh kembali konsumen Honda yang sempat berpindah lain hati. Sebab bukan tidak mungkin dengan upayanya ini bisa memberi angin segar bagi pabrikan, sehingga tidak terlalu mengandalkan Brio terus-menerus.
New Honda BR-V Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sayangnya Jonfis enggan membeberkan kapan detail peluncuran Honda BR-V facelift yang dijanjikan sejak awal Februari lalu. "Belum, nanti ditunggu saja," katanya lagi.
ADVERTISEMENT
Honda BR-V yang dihadirkan dalam bentuk purwarupa pada tahun 2015 silam, akhirnya bisa diproduksi setahun berikutnya secara massal dalam empat varian: BR-V S M/T Rp 238 juta, BR-V E M/T Rp 249 juta, BR-V E CVT Rp 259 juta, dan BR-V Prestige Rp 274 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan