Pencarian populer

Sunmori di Sukabumi, Jokowi Pakai Helm Tak Ber-SNI Karya Anak Bangsa

Jokowi touring di Sukabumi dengan motor emas. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk menjajal motor barunya saat kunjungan ke Sukabumi, Minggu (8/4). Tidak sendirian tentunya, Jokowi ditemani Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko serta puluhan buillder motor custom.

Biasa terlihat dengan dandanan formal, Jokowi terlihat garang dengan tampilan khas anak motor saat touring. Lengkap dengan helm half face tanpa visor, jaket denim, sarung tangan, serta sneaker Vans--dengan motif band kesukaannya, Metallica.

Sama seperti motornya, helm dan sarung tangan yang Jokowi gunakan juga berasal dari rumah modifikasi Elders Garage, tempat Jokowi membeli motor chopper berkelir emas seharga Rp 140 juta itu. Hanya saja ternyata helm yang digunakan Jokowi belum memenuhi Standar Nasional Indonesia alias SNI.

Hal ini seperti yang dikatakan salah seorang pendiri Elders Garage, Heret Frasthio. Melalui ajudan presiden, dia pun sudah mengingatkan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Bahkan dia menawarkan helm model lain.

“Kalau saya pribadi justru selalu ingetin, pokoknya semua barang yang dari Elders selalu saya bilang, contohnya helm yang belum SNI, tapi katanya yaudah enggak apa apa, intinya Bapak selalu dukung produk karya anak bangsa,” ujar Heret saat dihubungi kumparanOTO, Senin (9/4).

Guna menunjang gaya berkendara, Jokowi pun memilih sejumlah barang besutan Elders, termasuk sarung tangan. "Soalnya Bapak mau gaya helm dan sarung tangannya yang sesuai, sampai beberapa kali coba, akhirnya bapak mau yang itu dipakai ukurannya L," jelas Heret.

Helm dan Sarung Tangan Elders (Foto: dok. Elders garage)

Pesanan khusus

Selain itu, Jokowi pun meminta helm yang ia pakai mendapat sedikit `bumbu`untuk memberikan indentitas Indonesia. Ide ini kemudian dituangkan dalam gambar Bendera Merah Putih.

“Nah ada lagi, itu bapak minta ada gambar bendera merah putih sama gambar RI 1, cuma karena mepet dan lain hal jadi gambar benderanya aja,”

Heret juga menerangkan, helm half face tanpa visor berbahan dasar fiber yang dipakai Jokowi dinamakan helm Bantam dan dibanderol Rp 1,5 juta, sedangkan sarung tangan hitamnya yang menggunakan kulit domba asli dihargai Rp 350 ribu dengan nama Gasper.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23