Pencarian populer

T-005 Cross, Motor Modifikasi Karya Anak Bangsa yang Mendunia

T-005 Cross (Foto: dok. Thrive Motorcycle)

T-005 Cross, adalah nama yang diberikan untuk motor modifikasi Yamaha Scorpio lansiran tahun 2008 yang dikerjakan oleh Thrive Motorcycle. Bengkel modifikasi yang bermarkas di daerah Kemang, Jakarta Selatan sebelumnya memang sudah banyak mendapat perhatian dari skena modifikasi internasional.

Di tangan kreatif Indra Pratama dan Barata Dwiputra sebagai perancangnya, akhirnya Yamaha Scorpio 255 ini juga turut mendapat banyak perhatian dari penikmat modifikasi dunia.

Motor ini bukanlah motor modifikasi biasa. Sebab melalui motor ini Thrive Motorcycle berhasil mendunia. Ya, saat ini T-005 Cross sedang dalam perjalanan menuju Los Angeles, Amerika Serikat untuk memenuhi permintaan sebagai partisipan dalam acara pameran yang mengusung konsep “Custom Revolution”.

Acara ini digawangi oleh Paul D'Orleans (thevintagent) yang bekerja sama dengan The Petersen Automotive Museum, Los Angeles, California yang akan diselenggarakan pada 14 April 2018 mendatang.

Loading Instagram...

“Ini bukan kali pertama T-005 Cross diminta untuk eksis di ranah internasional. Sebelumnya juga pernah diundang ke Berlin, Jerman. Tapi sayangnya karena satu dan lain hal, T-005 tidak bisa diterbangkan ke sana, hanya ada perwakilan dari Thrive Motorcycle yang pergi ke sana,” ujar juru bicara tim Thrive Motorcycle kepada kumparanOTO, Senin (26/3).

Sedikit kilas balik, Thrive Motorcycle sudah menyelesaikan proyek ini sejak tahun 2015 silam. T-005 Cross sendiri bukanlah milik Thrive melainkan motor milik seorang kliennya yang memberikan kepercayaan penuh kepada mereka untuk merombak habis Yamaha Scorpio 2008 yang dimiliknya. Dari situ, diskusi panjang yang dilakukan antara klien dan builder menghasilkan T-005 Cross yang namanya sudah cukup terkenal untuk dunia modifikasi dunia.

"Tidak ada konsep macam-macam, motor dibuat minimalis sesuai yang diminta klien. Karena kalau custom kami mendengarkan apa yang diinginkan konsumen, lalu kami coba gambarkan 2D sebelum memulai project," paparnya.

Loading Instagram...

Ubahan

Dikatakan pihak Thrive Motorcycle, tidak ada yang diubah sedikit pun dari pihak builder dalam hal jantung mekanis T-005 Cross. “Mesinnya masih pakai punya Yamaha Scorpio 225 tahun 2008. Jadi memang kami fokus kan untuk memodif seluruh outlook-nya, tidak pada mesinnya”.

Sangat jelas terlihat, Bodi asli dari Yamaha Scorpio dirombak habis-habisan dengan bahan aluminium yang minim, dengan tujuan untuk memperlihatkan struktur garis horizontal, vertikal dan diagonal dan tetap kuat aura dirt bike yang memang menjadi roh modifikasi ini.

Tidak hanya desainnya yang minimalis, kalau menengok ke arah depan pun lampu-lampu indikator dibuat sederhana. Bahkan, lampu sein pada bagian depan saja, builder membubuhkannya di ujung stang kemudi.

T-005 Cross (Foto: dok. Thrive Motorcycle)

Masih pada bagian depan, ada dudukan atau semacam penyangga smartphone yang diperuntukkan untuk meletakkan gadget sebagai sistem navigasi.

Untuk melakukan ubahan ekstrem ini, diakui pihak Thrive Motorcycle setidaknya mereka membutuhkan waktu sekitar lima bulan lamanya untuk akhirnya melahirkan satu unit dirt bike T-005 Cross berkelir abu-abu yang dipadukan dengan warna hitam.

T-005 Cross (Foto: dok. Thrive Motorcycle)

Untuk lebih lengkapnya, berikut detail ubahan T-005 Cross:

Mesin : orisinil dari mesin Yamaha Scorpio 225 tahun 2008 Knalpot : Stainless steel kustom Alloy wheel : velg 18” yang dibalut dengan ban Trials Tread Suspensi depan : Upside down Honda Suspensi belakang : Swingarm Yamaha yang dipasang dengan Showa mono-shock Rem : Disc brake / cakram Karburator : PE-28 Stang : Fatbar

Bagi kamu yang penasaran akan proyek-proyek modifikasi yang menarik, mungkin kamu bisa menjamahi Workshop Thrive Motorcycle yang bertempat di Jl. Kemang Timur No.15, RT.7/RW.3, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55