kumparan
19 Apr 2018 11:40 WIB

Tiru Mitsubishi Xpander, All New Suzuki Ertiga Dibelah di IIMS 2018

All New Suzuki Ertiga (Foto: Alfons Hartanto/kumparan)
Suzuki menghadirkan all new Suzuki Ertiga Kamis (19/4), bertepatan dengan dibukanya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.
ADVERTISEMENT
Uniknya tidak hanya menghadirkan low multi-purpose vehicle (MPV) ini secara utuh, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menghadirkan Suzuki Ertiga yang dibelah. Sehingga tidak hanya melihat eksteriornya dengan mudah kita juga bisa melihat bagian interior mobil. Unik? Tentu saja.
Tapi rupanya konsep membelah mobil menjadi dua ini sebelumnya sudah pernah dilakukan Mitsubishi Xpander saat pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kemarin.
Hal ini menjadi semakin menarik mengingat all new Suzuki Ertiga diperkirakan akan menjadi penantang kuat Mitsuhbishi Xpander setelah hadir dengan dimensi yang lebih besar menyerupai MPV dari pabrikan tiga berlian itu.
Ya, all new Suzuki Ertiga hadir dengan dimensi yang lebih besar, 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm. Artinya, ada penambahan panjang 130 mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm.
ADVERTISEMENT
oiar14ivb1ul2z71nroul7xmurdjmeaqrllb22nmflhoi5odiahbzc1cj2t9
Ubahan yang signifikan juga ada di sektor kosmetika. Dia punya grille dengan lima bilah horizontal beraksen krom dan bumper yang berubah berubah. Lampu utamanya juga direvisi dan menggunakan jenis proyektor. Cuma kalau dilihat sekilas, desainnya mirip dengan mobil MPV dari merek sebelah --Kijang Innova.
Dalam memberikan kesan sporty pada all new Suzuki Ertiga, mobil tujuh penumpang ini mendapat sejumlah garis tegas di kap hingga body samping.
Di belakang tampilannya juga terinspirasi dengan SUV dari merek `H`, yaitu berbentuk huruf 'L'. Kemudian, bentuk panel pintu belakang juga tak luput dari ubahan.
All new Suzuki Ertiga (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Fitur eksterior juga terdapat hal baru. Mulai dari velg 15 inci dengan desain anyar, fog lamp, spion dengan lampu sein yang bisa ditekuk secara elektrik, dan lampu belakang berbasis LED. Selain itu, mengacu bocoran, dia punya sonar parkir belakang sebanyak dua titik dan high mount stop lamp (HMTL) yang juga berbasis LED.
ADVERTISEMENT
All new Suzuki Ertiga mengemas mesin baru. Dia menggunakan mesin seri K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) dengan kapasitas mesin yang naik menjadi 1.462 cc. Mesin ini dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan.
Di atas kertas mesin baru ini menjanjikan tenaga 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.000 rpm.
Fitur keamanan Suzuki Ertiga terbaru menyediakan 2 SRS Airbag, rem denagan ABS dan EBD dan ISOFIX untuk semua tipenya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·