kumparan
2 Agu 2019 7:15 WIB

Toyota Rush Amankan Gelar LSUV Terlaris

Toyota Rush Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Toyota Rush belum tergoyahkan dari takhta low SUV terlaris di dalam negeri, sepanjang Januari-Juni 2019. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total wholesales-nya mencapai 29.158 unit.
ADVERTISEMENT
Perolehan tersebut mengalami kenaikan sangat signifikan atau mencapai 49,47 persen, dibanding dengan hasil pada periode sama tahun lalu, yang hanya mencapai angka 19.508 unit.
Setidaknya bila membagi angka pencapaian tersebut dengan jumlah hari sepanjang 6 bulan, setidaknya ada sekitar 161 unit laku tiap hari, atau 6 unit setiap jamnya. Pangsa pasar Rush sendiri cukup absolut sampai 60,67 persen.
Daihatsu Terios Special Edition Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Iya, membludaknya antusiasme masyarakat akan model Rush generasi kedua ini, sempat membuatnya inden lama. Sampai kemudian pabrik Daihatsu, yang menjadi tempat memproduksi Rush menambahkan pasokannya.
Sementara Terios yang berada di posisi kedua harus mengalami penurunan sampai 30 persen, atau hanya 8.704 unit saja. Nampaknya Daihatsu mesti mengalahkan Terios untuk memberi jalan low SUV Toyota tersebut.
ADVERTISEMENT
Mengacu pada pernyataan Amelia Tjandra Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) permintaan Terios membludak, bahkan untuk yang transmisi matik harus inden sampai 4 bulan. Dirinya juga bahkan menyebut, akan membuka jalur produksi baru di pabriknya Karawang untuk membuat Terios.
Wholesales Low SUV semester pertama 2019 (diolah dari data Gaikindo). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Membuntuti kemudian ada model besutan Honda, HR-V 1.5 yang peminatnya masih di angka rata-rata 1.234 unit, atau total Januari-Juni 7.406 unit. Sementara BR-V sendiri hanya 1.622 unit saja, di mana peminatnya terus turun sampai di angka 46,31 persen, dibanding tahun lalu.
Buruknya kondisi duo Honda ini, mulai terasa pada 2018-an dan makin anjlok lagi setelah Rush-Terios generasi kedua hadir di Indonesia.
Tak hanya keempat model tersebut, masih ada lagi beberapa pilihan low SUV lainnya seperti Suzuki S-Cross 639 unit, lalu Chevrolet Trax 511 unit dan Nissan Juke yang tak lagi diproduksi di dalam negeri hanya dipasok 21 unit.
Pangsa pasar low SUV semester pertama 2019 (diolah dari data Gaikindo). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan