kumparan
1 Sep 2018 16:21 WIB

Vespa Elettrica, Berbasis Listrik dan Tampil Memikat

Video
Merek sepeda motor ikonis Italia, Vespa, nampaknya tak mau ketinggalan untuk merilis kendaraan berbasis listrik. Setelah diperkenalkan pada tahun lalu, skuter anti-BBM ini akhirnya punya harga.
ADVERTISEMENT
Motor dengan nama Vespa Elettrica ini akan dipasarkan perdana di Amerika Serikat pada tahun depan. Demikian dikutip dari Maxim, Sabtu (1/9).
Sebagaimana terlihat pada foto, Vespa Elettrica ini sebenarnya bukanlah model baru. Dia dibangun dari Vespa Primavera yang punya bentuk lampu membulat.
Karena berbasis listrik, Vespa ini tak punya knalpot. Ini seperti Vespa Primavera yang ditukar mesin pembakaran internalnya dengan motor listrik dan baterai.
Vespa Primavera Arcobaleno (Foto: Piaggio Indonesia)
Vespa menjanjikan bahwa Elettrica ini mampu berjalan sejauh 100 km dalam satu kali pengisian penuh. Kemudian, perlu waktu empat jam untuk mengisi baterai sampai penuh.
Masih menurut Vespa, Elettrica ini punya performa yang lebih baik ketimbang Primavera dengan mesin berkapasitas 500 cc. Dia juga dilengkapi dengan modus Eco yang membuat jarak tempuhnya semakin jauh, meskipun kecepatan maksimumnya dibatasi hanya 30 km/jam.
Vespa Elettrica (Foto: Vespa)
Sebagai versi listrik, Vespa Elettrica juga mendapat sentuhan berbeda di sektor kosmetika. Motor dilabur warna silver dan mendapat sentuhan aksen biru pada list, velg, jok, dan lampu utama. Dia pun punya desain lampu belakang yang berbeda dibanding Primavera.
ADVERTISEMENT
Hybrid
Menariknya, tak cuma menawarkan varian listrik penuh, Vespa pun berencana menghadirkan model hybrid, yang memberikan peningkatan jarak tempuh menjadi 199 km.
Vespa Elettrica (Foto: Vespa)
Model dengan nama Elettrica X ini juga dilengkapi dengan fitur vehicle and pedestiran sensing serta sistem navigasi, yang akan menyarankan pengendaranya menghindari jalan macet.
Soal harga, Vespa Elettrica ini akan dijual 7.000 dolar Amerika atau setara Rp 101,3 juta.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan