Pencarian populer

Yamaha R1 dan R1 M Baru Diperkenalkan, Apa Saja Ubahannya?

All New Yamaha YZF-R1 & YZF R1-M 2020 Foto: dok. Istimewa
Yamaha seakan tak pernah berhenti menghadirkan motor-motor terbaiknya di kelas motor sport. Kali ini mereka menyempurnakan kembali Yamaha YZF-R1 dan YZF R1-M di WeatherTech Race Way Laguna Seca, Amerika Serikat pada ajang balap World Superbike dan MotoAmerica.
ADVERTISEMENT
Tentu saja ini adalah kabar baik bagi pecinta motor sport ala garpu tala tersebut.
Memperkenalkan terlebih dahulu Yamaha YZF R1-M 2020 disusul Yamaha YZF RI Supersport. Kedua motor ini masih menggunakan mesin yang sama yakni C4 namun Yamaha mengklaim adanya pemutakhiran di berbagai aspek.
Ubahan banyak terjadi pada kedua motor ini mulai dari segi tampilan, perangkat elektronik, suspensi dan adanya ubahan pada body yang lebih lebih aerodinamis.
YZF-R1 2020
All New Yamaha YZF-R1 & YZF R1-M 2020 Foto: dok. Istimewa
Memakai mesin berkapasitas 998 cc empat-silinder, Yamaha menjelaskan bahwa adanya revisi airbox dan saluran intake, diharapkan mampu meningkatkan kinerja mesin. Kemudian, motor juga menganut Accelerator Position Sensor with Grip (APSG) baru, yang digabungkan dengan sistem Yamaha Controlled Throttle (YCC-T).
YZF R1 2020 sudah dibekali teknologi New Brake Control (BC), sebuah teknologi dari Yamaha yang memungkinkan pengendara untuk bisa menyesuaikan tingkat dukungan elektronik saat pengereman dengan dua mode intervensi. Modus BC1 untuk meningkatkan pengereman di jalan lurus dan BC2 untuk kondisi menikung.
All New Yamaha YZF-R1 & YZF R1-M 2020 Foto: dok. Istimewa
Motor ini juga memiliki fitur yang mampu mengatur suspensi dengan tiga tingkatan kekerasan sesuai dengan gaya berkendara individu. Fitur ini dapat dikontrol langsung dengan Yamaha Ride Control System (YRC) atau Y-Trac sebuah aplikasi yang tersedia untuk smartphone.
ADVERTISEMENT
Untuk meningkatkan grip, Yamaha YZF-R1 sudah memakai ban Bridgestone Battlax RS11 terbaru dan tujuh sistem kontrol elektronik, termasuk kontrol rem baru (menikung ABS) dengan kontrol hidrolik Bosch ABS lebih ringan dan garis baja yang lebih ringkas menambah responsif pengereman depan.
YZF-R1 M 2020
All New Yamaha YZF-R1 & YZF R1-M 2020 Foto: dok. Istimewa
Soal mesin dan fitur tidak jauh berbeda dengan saudara kandungnya. Hanya ada pengurangan bobot berkat penggunaan fairing serat karbon pada bagian depan serta bodi belakang. Penggunaan velg dan frame belakang berbahan magnesium semakin mengikis bobot pada Yamaha YZF-R1M.
Bersamaan dengan penurunan bobot, Yamaha YZF-R1M yang dulunya menggunakan suspensi Kayaba kini menggunakan suspensi terbaru dari Ohlins dengan suspensi depan upside down NPX anti-cavitator elektronik yang baru.
All New Yamaha YZF-R1 & YZF R1-M 2020 Foto: dok. Istimewa
Pada suspensi belakang juga sudah menggunakan elektronik yang bisa diatur dari LCD pada dashboard atau Yamaha Ride Control System (YRC).
ADVERTISEMENT
Soal harga, diperkirakan untuk Yamaha YZF-R1 2020 dibanderol 17.399 dolar Amerika atau setara Rp 242.803.045 sedangkan untuk Yamaha YZF-R1M 2020 dibanderol 26.099 dolar Amerika atau setara dengan Rp 364.211.545
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85