Pencarian populer

3 Bocah Laki-laki Temukan Fosil Mamalia Prasejarah

3 bocah menemukan Fosil Mastodon. (Foto: John Surratt/The Vicksburg Post via AP)

Tiga bocah laki-laki di Bovina, Mississippi, Amerika Serikat, tak sengaja menemukan sebongkah fosil mastodon. Mereka menemukan tulang rahang mamalia prasejarah ini di dalam area tanah yang kotor.

Ketiga bocah itu adalah Shawn dan Caid Sellers bersaudara serta sepupu mereka Michael Mahalitc. Menurut laporan The Vicksburg Post, ketiga bocah itu tak sengaja tersandung fosil mastodon tersebut ketika sedang berjalan-jalan di sekitar lahan tanah milik keluarga Sellers.

Menurut George Phillips, kurator paleontologi di Mississippi Museum of Natural Science yang memeriksa kondisi tulang mastodon itu, tulang rahang tersebut berasal dari mastodon yang telah berusia sangat dewasa.

Ketiga bocah yang menemukan fosil tersebut mengatakan, mereka perlu bersusah payah untuk mengangkat tulang rahang tersebut dari dalam tanah. Dalam foto yang mereka pamerkan, tampak mereka sedang memegang bak yang berisi tulang rahang mastodon itu.

Dalam foto itu terlihat, tulang rahang si mastodon tampak begitu besar sehingga memenuhi bak tersebut. Dan bak tersebut tampaknya cukup luas dan muat untuk memandikan seekor anjing besar.

Manusia dan Mastodon (Foto: Wikimedia Commons)

Mengenal Mastodon

Mengutip dari Live Science, mastodon adalah mamalia prasejarah yang memiliki gading dan belalai yang besar. Hewan mamalia ini dianggap memiliki kekerabatan dengan mamut dan gajah modern saat ini. Namun begitu, masing-masing ketiganya adalah berbeda.

Mastodon sendiri diduga hidup antara 27 juta hingga 30 juta tahun lalu, terutama di wilayah Amerika Utara dan Amerika Tengah. Mereka diprediksi telah punah sejak 10.000 tahun lalu akibat perubahan iklim dan perburuan oleh manusia.

Tubuh mastodon berukuran lebih kecil daripada gajah modern sekarang. Tinggi tubuh gajah modern dapat mencapai 4,3 meter dengan berat mencapai 7 ton. Sementara mastodon hanya dapat tumbuh tinggi mencapai antara 2,5 hingga 3 meter dengan berat badan mencapai antara 4 hingga 6 ton. Namun begitu, mastodon tetap merupakan hewan yang tangguh.

Seperti gajah dan mamut, mastodon juga memiliki rambut pada tubuhnya serta gading yang besar. Gading mereka bisa mencapai panjang 2,5 meter, tapi tidak melengkung seperti mamut.

Uniknya, hanya mastodon jantan saja yang memiliki gading, sedangkan mastodon betina tidak punya.

Penemuan fosil mastodon oleh ketiga bocah ini ternyata bukan sesuatu yang langka terjadi di Mississippi. Philips mengatakan tulang rahang yang kali ini ia periksa merupakan tulang mastodon ketiga yang ia selidiki di Mississippi ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22