Pencarian populer

5 Harta Karun yang Ditemukan secara Tidak Sengaja

Ilustrasi harta karun. (Foto: Pezibear via Pixabay)

Beberapa benda yang memiliki nilai tinggi, baik itu nilai jual maupun nilai sejarah, terkadang bisa ditemukan secara tidak sengaja oleh orang-orang yang sedang sangat beruntung. Bahkan kadang kala, harta karun bisa berada di depan mata sebagian orang namun tidak ada yang menyadari bahwa benda tersebut adalah benda-benda yang amat berharga.

Berikut ini adalah beberapa harta karun yang keberadaannya ditemukan secara tidak sengaja sebagaimana dirangkum oleh kumparanSAINS.

1. Cetakan asli Deklarasi Kemerdekaan AS

Ilustrasi Declaration of Independece (Foto: Wikimedia Commons)

Seorang kolektor membeli sebuah lukisan pada tahun 1989 seharga 4 dolar AS atau hanya sekitar Rp 60 ribu. Alasan ia membeli lukisan tersebut pun hanya karena ia menyukai figuranya.

Namun saat membongkar lukisan tersebut, ternyata di dalamnya tersembunyi selembar cetakan asli Deklarasi Kemerdekaan AS (Declaration of Independence) yang ditulis pada tahun 1776.

Menurut New York Times, hanya ada 24 cetakan asli Declaration of Independence dan hanya tiga yang menjadi milik pribadi. Kolektor yang memilikinya, membelinya dengan harga yang sangat tinggi. Pada 15 Juni 1991 misalnya, Balai Lelang Sotheby’s berhasil menjual cetakan Declaration of Independence seharga 2.420.000 dolar AS atau hampir sekitar Rp37 miliar.

2. Piring buatan Picasso

Pada tahun 1970, seorang wanita dari Rhode Island, AS, membeli piring dengan harga kurang dari 100 dolar AS atau sekitar Rp1,5 juta yang kemudian ia gantung di dapurnya. Dalam wawancara dengan PBS, wanita tersebut mengaku kemudian melihat piring yang mirip dengan piring miliknya. Ia kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan bahwa ia memiliki piring yang mirip.

Setelah dianalisis, ternyata piring tersebut adalah buatan pelukis terkenal Pablo Picasso pada tahun 1955. Harga piring tersebut tentu saja berkali-kali lipat dari harga yang harus dibayar oleh wanita tersebut. Pada tahun 2013, piring tersebut diduga memiliki nilai 10 ribu hingga 15 ribu dolar AS, atau sekitar Rp 152 juta hingga Rp 228 juta.

3. Mutiara terbesar di dunia

Mutiara terbesar di dunia dari Palawan. (Foto: City Information Department of Puerto Princesa City via Facebook)

Seorang nelayan asal Puerto Princesa, Pulau Palawan, Filipina, menemukan mutiara yang diduga sebagai mutiara terbesar di dunia. Nelayan tersebut menemukan mutiara tersebut lebih dari 10 tahun lalu.

Saat sedang mencari ikan, jangkar kapalnya tersangkut pada kerang raksasa dan menemukan mutiara raksasa di dalamnya. Nelayan tersebut menyimpan mutiara tersebut sebagai jimat.

Dilansir The Guardian, kerang tersebut memiliki lebar 30 sentimeter, panjang 67 sentimeter, dan berat mencapai 34 kilogram. Sementara harga mutiara yang terbentuk di dalam kerang ini diperkirakan mencapai Rp 1,5 triliun.

Bagaimana kemudian nasib mutiara tersebut? Dilaporkan, si nelayan telah memberikan mutiara raksasa itu kepada tantenya yang bekerja di departemen pariwisata pada 2016.

4. Intan 2,63 karat

Intan yang ditemukan di sebuah taman di Arkansas, AS. (Foto: Arkansas State Parks)

Seorang perempuan berusia 71 tahun menemukan batu kecil yang ternyata sebuah intan 2,63 karat atau sekitar 52,6 gram saat mengunjungi Crater of Diamonds State Park. Awalnya, ia mengira bahwa intan tersebut adalah potongan kaca.

Crater of Diamonds State Park memang terkenal dengan atraksi "mencari intan". Taman tersebut melaporkan bahwa pada 2018 telah ada 256 intan permata yang ditemukan. Lima di antaranya memiliki berat di atas 1 karat.

5. Meteorit 10 kilogram

Ilustrasi meteorit. (Foto: Wikimedia Commons)

Sebuah meteorit seberat 10 kilogram dijadikan oleh pemiliknya sebagai ganjalan pintu setidaknya sejak 1988. Baru-baru ini si pemilik akhirnya menyadari bahwa ia bisa menghasilkan uang yang besar dari meteorit tersebut.

Ia pun kemudian meminta seorang ahli geologi dari Central Michigan University untuk menaksir nilai meteorit itu. Ternyata, meteorit yang dipakai untuk mengganjal pintu tersebut memiliki nilai 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53