Pencarian populer

Akibat Operasi Ganti Warna Mata, Seorang Model Alami Kebutaan

Lensa Kontak Mata (Foto: Pixabay)

Karena terobsesi untuk terlihat sempurna, seorang model bernama Nadinne Bruna memutuskan untuk menjalani operasi mengubah warna matanya. Bukannya menjadi cantik, Bruna justru malah kehilangan penglihatannya akibat operasi itu.

Mata sebelah kanan Bruna mengalami penurunan penglihatan hingga hampir 80 persen, sementara di sebelah kiri 50 persen.

Prosedur ini sendiri di Amerika Serikat dianggap berbahaya dan terlarang untuk dilakukan. Namun karena berambisi mengubah matanya yang berwarna hazel (cokelat kekuningan) menjadi abu-abu terang, Bruna nekat melakukannya di Bogota, Kolombia.

Bruna menjalani operasi ini pada September 2016. Ia kemudian mengalami sejumlah masalah di matanya, seperti kemerahan dan penglihatan kabur, selama beberapa bulan.

"Sebelum operasi ini mata saya sehat-sehat saja," kata Bruna dilansir International Business Times. "Aku sangat naif. Sejak operasi ini pandanganku kabur. Selama sekitar satu tahun mataku merah dan gatal. Pupil mataku tidak bisa menyesuaikan diri dengan cahaya lagi sehingga aku menjadi sangat sensitif terhadap cahaya."

Ilustrasi Mata (Foto: dok.Thinkstock)

Dia pergi ke Kolombia lagi pada Maret dan Juni 2017 untuk mengoperasi matanya. Tapi itu tidak membantunya dan dia harus mencari bantuan medis di Bascom Palmer Eye Institute di Miami, Florida, AS.

"Pada September saya terpaksa pergi ke rumah sakit di Miami, dokter mengatakan mereka harus melepas implan saya untuk menyelamatkan pandangan saya karena peradangan kronis," katanya.

Suasana pembuatan mata palsu di Ciputat (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Dr. Ranya Habash, seorang dokter mata dan timnya berusaha untuk mengembalikan penglihatan Bruna dan membuang implannya.

"Ketika menyuntikkan pelat silikon ke mata, maka itu akan menyumbat saluran pembuangan mata, sama seperti wastafel yang mampet," kata Habash. "Tekanan dalam mata menyebabkan peradangan dan merusak struktur di dalamnya."

Ada alasan mengapa operasi mengubah warna mata ini tidak disetujui FDA (Food and Drug Administration) dan itu karenanya kami telah melihat kerusakan jangka panjang dan tidak dapat diperbaiki dari prosedur ini.

- Dr. Ranya Habash, dokter mata di Miami, AS

Bruna sendiri tidak menggugat rumah sakit yang melakukan operasi implan pada matanya karena alasan ekonomi. Tapi ia memberi peringatan di Instagram pribadinya agar orang lain tidak menjadi korban akibat melakukan operasi pergantian warna mata seperti dirinya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: