Pencarian populer

Aktivis Bumi Datar Sukses Terbangkan Roket, Apa Hasilnya?

Mad Mike Hughes (Foto: Mad Mike Hughes/Facebook)

Aktivis Bumi datar yang populer, Mike Hughes, atau akrab disapa Mad, akhirnya berhasil menerbangkan roket buatannya sendiri dengan semangat melihat sendiri bentuk asli dari Bumi. Hughes tentu sangat memanfaatkan kesempatan ini setelah ia sempat gagal menerbangkan roket lantaran masalah teknis maupun perizinan di tahun lalu dan awal 2018.

Meski kali ini ia berhasil terbang, Hughes masih belum bisa menentukan apakah Bumi itu datar atau bulat.

Dilansir Associated Press, pria berusia 61 tahun itu meluncurkan roket buatannya sendiri yang bertenaga uap, dan berhasil terbang pada ketinggian sekitar 1875 kaki atau 571 meter pada Sabtu (24/3) pekan lalu.

Peluncuran roket aktivis Bumi datar, Mike Hughes. (Foto: NOIZE TV via Youtube.)

Hughes memilih gurun pasir Mojave berjarak sekitar 300 kilometer sebelah timur Los Angeles, sebagai lokasi peluncurannya.

Hughes sempat jatuh dari ketinggian tersebut dengan cukup cepat. Untungnya, ia membuka parasut kedua untuk membantunya mendarat dengan kecepatan yang lebih lambat. Ia pun berhasil mendarat dengan sempurna dan selamat dengan roketnya tersebut.

"Lega," ujar Hughes. "Saya lelah mendengar orang bilang saya takut dan tidak membuat roket itu. Saya muak mendengarnya dan kini saya telah buktikan bahwa saya berhasil melakukan (peluncuran) itu," paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya harus bersiap menghadapi beban fisik dan kelelahan di hari esoknya.

"Saya akan merasakannya besok pagi. Mungkin saya tidak akan bisa bangun dari tempat tidur. Tapi setidaknya saya masih bisa pulang, makan malam, dan bertemu dengan kucing-kucingku nanti malam," tambahnya.

Apa Hasilnya?

Sayangnya, sejauh ini Hughes tidak menjelaskan apa yang ia lihat saat berada di atas Bumi. Memang ia hanya berhasil mencapai ketinggian sekitar 571 meter, yang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ketinggian terbang pesawat komersial yang dapat mencapai 35 ribu kaki atau sekitar 10 kilometer.

Ia berencana untuk melakukan penerbangan lain demi benar-benar melihat bentuk asli dari Bumi. Hughes juga sering kali menjelaskan bahwa misinya adalah bukan untuk membuktikan bahwa Bumi itu datar.

Ilustrasi bumi datar dengan kutub selatan di tepi. (Foto: Wikimedia Commons)

"Apakah saya mempercayai bahwa Bumi memiliki bentuk seperti Frisbee? Tentu saja iya," ujarnya.

"Apakah saya mengetahuinya secara pasti? Tidak. Karena itulah saya ingin pergi ke luar angkasa," imbuh Hughes sambil mengungkap proyek barunya bernama Rockoon.

Rockoon adalah sebuah roket yang nantinya akan dibawa ke atmosfer Bumi dengan bantuan balon gas. Diperkirakan roket ini akan mampu membawa Hughes ke ketinggian 109 kilometer dari permukaan Bumi.

Semoga saja pada "misi" Hughes selanjutnya ia berhasil menyadari bahwa bentuk asli Bumi itu tidaklah datar ataupun seperti Frisbee.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23