Pencarian populer

Bangkai Kapal Laut Utuh Tertua di Dunia Ditemukan di Laut Hitam

Bangkai kapal utuh berusia 2.500 tahun (Foto: University of Southampton via Twitter)

Black Sea Maritime Archaeology Project menemukan bangkai kapal yang diduga telah berada di dasar Laut Hitam selama 2.400 tahun. Bangkai kapal ini diidentifikasi berasal dari masa Yunani Kuno.

Para arkeolog dari proyek pencarian di Laut Hitam ini mengatakan, mereka telah mengkonfirmasi bahwa bangkai kapal ini merupakan bangkai kapal yang masih utuh tertua di dunia.

Kapal yang memiliki panjang 23 meter ini masih utuh dan ditemukan masih lengkap dengan tiang, kemudi, dan bangku dayung. Keutuhan kapal ini dikarenakan berada di tempat yang sangat dalam dan sedikit oksigen, sehingga proses dekomposisi pun sulit terjadi.

Kapal ini ditemukan dengan 60 bangkai kapal lainnya dalam misi eksplorasi Laut Hitam selama tiga tahun.

"Sebuah kapal, yang masih utuh, dari zaman Klasik, terletak kedalaman lebih dari 2 kilometer, adalah sesuatu yang saya tidak percaya mungkin terjadi," kata Jon Adams, profesor arkeologi di University of Southampton yang menjadi peneliti utama di Black Sea Maritime Archaeology Project, dikutip dari The Guardian.

Siren Vase, vas bergambar kapal Yunani Kuno. (Foto: The British Museum)

"Ini akan mengubah pemahaman kita tentang pembuatan kapal dan pelayaran di dunia kuno," imbuhnya lagi.

Kapal ini diduga adalah kapal dagang dan bentuk kapal semacam ini sebelumnya hanya pernah dilihat tergambar pada vas tembikar Yunani, seperti vas yang diberi nama ‘Siren Vase’, koleksi milik British Museum.

Siren Vase berasal dari masa yang sama dengan kapal tersebut. Vas ini menggambarkan sebuah kapal yang membawa Odisseus, pahlawan Yunani, saat melewati siren-siren, makhluk dari Mitologi Yunani yang diceritakan dapat menyesatkan para pelaut dengan lagunya yang indah.

Tim peneliti mengatakan, mereka berencana untuk meninggalkan kapal ini dan tidak mengganggunya. Hanya sepotong kecil yang dibawa untuk kemudian dilakukan pemeriksaan penanggalan karbon yang dilakukan oleh University of Southampton. Hasil penanggalan karbon ini kemudian mengonfirmasi bahwa kapal ini adalah bangkai kapal utuh tertua di dunia.

Kapal-kapal lain yang mereka temukan adalah kapal penyerbu Cossack dari abad ke-17, kapal dagang Romawi yang memiliki vas amphora, hingga kapal dagang dari zaman Yunani Kuno yang masih utuh.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22