kumparan
17 Mar 2019 12:00 WIB

Cantiknya Pemandangan Alam di Planet Mars

Planet Mars Foto: AlexAntropov86/ Pixabay
Pada 13 Februari 2019, NASA mengumumkan bahwa misi robot penjelajah Opportunity di planet Mars sudah selesai. Robot yang dikirim ke Mars pada 2004 lalu itu sudah mati dan hilang kontak selama delapan bulan, hingga akhirnya Badan Antariksa Amerika Serikat itu menyatakan secara resmi si robot sudah “pensiun”.
ADVERTISEMENT
Sebelum mati dan hilang kontak, Oppy --panggilan imut tim NASA untuk Opportunity-- sempat memotret dan mengirimkan foto-foto terakhirnya dari planet Mars.
Foto-foto terakhir yang dikirim oleh Oppy ini memperlihatkan bahwa ada daerah di Mars yang cantik. Ya, silakan lihat saja sendiri betapa cantiknya pemandangan alam di planet merah itu dalam foto di bawah ini.
Foto terakhir robot penjelajah Opportunity. Foto: NASA/JPL-Caltech/Cornell/ASU
Foto-foto yang berhasil dikirim oleh Oppy ini kemudian dirangkai oleh tim NASA sehingga menjadi bentuk foto panorama 360 derajat. Foto panorama ini memperlihatkan betapa cantiknya lanskap alam di Mars. Warna tanah dan bebatuan oranye, hitam, dan putih berpadu dengan apik. Detail lengkap tentang foto Mars dari Oppy ini bisa dilihat di tautan ini: mars.nasa.gov/resources/22341/.
"Panorama terakhir ini memperlihatkan bahwa Opportunity telah melakukan misi eksplorasi dan penemuan yang luar biasa," kata John Callas dari NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, sebagaimana dilansir ScienceAlert.
ADVERTISEMENT
Callas menjelaskan bahwa di bagian kanan-tengah foto itu terlihat tepian Kawah Endeavour Crater yang menjulang ke atas di kejauhan. Sementara di bagian kiri foto terlihat Lembah Perseverance.
Kedua lokasi itu belum pernah dijelajahi oleh Oppy. Menurut Callas, kedua area itu kini sedang menunggu kunjungan dari penjelajah lainnya di masa depan.
Dia meyakini, suatu hari nanti penjelajah luar angkasa yang dikirim ke Mars, entah itu berupa manusia atau robot, akan mengunjungi kedua tempat itu. Selain itu, si penjelajah juga akan menjumpai Opportunity dan bahkan mungkin menemukan cara untuk membuat robot penjelajah itu hidup dan bisa beroperasi kembali.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan