Pencarian populer
Dampak Positif Olahraga bagi Penderita Hipertensi
Ilustrai Olahraga Pagi (Foto: Dok.Pixabay)
Sebagai salah satu penyakit yang mengancam nyawa manusia, para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dianjurkan melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Olahraga ringan dapat membantu jantung mereka tetap kuat dengan membuat pembuluh darah tidak kaku sehingga jantung bisa memompa darah dengan lebih mudah dan menurunkan tekanan darah.
Menurut dr. Rossana Barack, Ketua Indonesian Society of Hypertension (InaSH), bagi penderita hipertensi direkomendasikan untuk melakukan olahraga kardiovaskular seperti jogging atau treadmill paling sedikit selama 150 menit tiap minggunya.
"Bisa dilakukan dengan jalan 30 menit sehari. Bisa dikombinasikan dengan berenang atau main sepeda," jelas Rossana, dalam acara pertemuan tahunan InaSH, di Jakarta, Kamis (22/2).
Namun menurut dr. Arieska Ann Soenarta, yang turut hadir dalam acara itu, sebaiknya sebelum melakukan olahraga seperti treadmill, ada kalanya seseorang, terutama yang telah didiagnosis memiliki hipertensi, berkonsultasi dengan dokter.
Hal ini dikarenakan, bagi pemilik hipertensi, apabila ia memaksakan untuk berolahraga melampaui kemampuannya, ia justru akan mengalami penyakit serius.
"Bila tiba-tiba olahraga berat, bisa terjadi pecah pembuluh darah dan meninggal karena stroke," kata Ann.

Penelitian Manfaat Olahraga bagi Hipertensi
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Glenn Gaesser, Direktur Healthy Lifestyles Research Center di Arizona State University, pada 2012 dijelaskan bahwa olahraga ringan sangat baik bagi penderita hipertensi.
Dalam studinya, Gaesser menemukan bahwa olahraga ringan yang dipecah menjadi tiga bagian dalam satu hari, seperti tiga kali jalan kaki selama 10 menit, dapat mencegah terjadinya lonjakan tekanan darah dibandingkan satu kali jalan kaki selama 30 menit.
Jalan kaki meningkatkan kesehatan tulang (Foto: Thinkstock)
Bahkan, dalam studinya yang lain ditemukan bahwa seorang penderita tekanan darah tinggi jika berdiri selama 10 menit tiap jamnya dapat membantu tekanan darahnya jadi lebih normal, dibandingkan dengan yang lebih sering duduk dan berbaring.
Data tekanan darah dari orang itu juga terlihat lebih baik ketika ia menambah aktivitas olahraganya seperti lari atau bersepeda selama 10 menit tiap jam.
Jadi, intinya adalah perbanyaklah bergerak untuk menjaga tekanan darah kita tetap sehat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: