Pencarian populer

Gemar Makan Lalapan Mentah Bisa Bikin Mood Lebih Positif

Ilustrasi lalapan. (Foto: Gunawan Kartapranata via Wikimedia Commons)

Konsumsi sayuran segar sebagai lalapan di hidangan masakan Sunda ternyata baik untuk tubuhmu. Menurut studi terbaru, sayuran segar memiliki manfaat untuk kesehatan mental dibanding sayuran yang telah dimasak terlebih dahulu.

Ilmuwan dari University of Otago di Selandia Baru melakukan penelitian untuk mengetahui mana yang lebih baik antara sayuran dan buah mentah dengan yang sudah diproses atau dimasak. Hasil risetnya tertuang di jurnal Frontiers in Psychology.

"Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran mentah baik untuk kesehatan mental dibandingkan dengan buah atau sayuran yang dimasak, kalengan, atau diproses," kata penulis studi, Dr. Tamlin Conner, seorang dosen senior psikologi University of Otago seperti dilansir Medical Daily.

Sebanyak 422 peserta diikutsertakan dalam studi ini. Mereka berusia 18 hingga 25 tahun, tinggal di Selandia Baru atau di Amerika Serikat.

Ilustrasi lalapan. (Foto: Midori via Wikimedia Commons)

Alasan mengapa kelompok usia tersebut diambil adalah karena kelompok usia ini paling sedikit memakan sayur dan buah, tapi juga memiliki kemungkinan terkena penyakit mental lebih tinggi. Peserta terbanyak adalah perempuan (66 persen) dan berkulit putih (67 persen).

Mereka diminta mengisi survei untuk mengetahui kebiasaan makan mereka, gaya hidup, dan kesehatan mental, serta mengetahui latar belakang peserta seperti status, gender, etnisitas, dan sebagainya.

Hasilnya, terlihat hubungan yang signifikan antara buah-buahan dan sayuran mentah dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Meskipun memasak sayuran memiliki manfaat seperti membuat makanan lebih mudah dikunyah dan meningkatkan antioksidan, namun Conner meyakini memasak atau mengolah sayuran atau buah-buahan tertentu justru bisa mengurangi gizinya.

Buah-buahan segar (Foto: Thinkstock)

Studi ini menunjukkan bagaimana mengkonsumsi buah dan sayuran mentah dapat menurunkan tingkat penyakit psikologis, seperti depresi, dan meningkatkan kesehatan mental, termasuk membuat suasana hati lebih positif dan meningkatkan kepuasan terhadap hidup.

Menurut studi ini, 10 sayuran dan buah-buahan yang paling baik untuk dimakan mentah adalah wortel, pisang, apel, sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, jeruk bali, selada, jeruk, beri segar, ketimun, dan kiwi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60