Pencarian populer

Kalau Tomat Itu Buah, Timun Itu Buah atau Sayur?

Video

Selain tomat, produk hasil tanaman yang sering diperdebatkan apakah termasuk buah atau sayur adalah timun. Seperti tomat, banyak orang menganggap timun sebagai sayur karena di pasar atau di supermarket, timun sering diletakkan berdampingan dengan sayur-sayuran lainnya.

Tapi marilah kita kembali lagi berupaya mengkategorikannya berdasarkan ilmu botani. Karena timun memiliki biji seperti tomat dan buah-buahan lainnya, maka timun juga adalah buah.

Memang banyak orang yang menganggap bahwa buah adalah produk tanaman yang memiliki rasa manis, sementara sayur memiliki rasa pahit atau gurih. Tapi rasa bukanlah parameter yang benar, karena banyak juga buah yang punya rasa pahit atau hambar seperti misalnya alpukat.

Maka kembali lagilah pada sains, lebih spesifiknya yakni ilmu tanaman atau botani. Sebagaimana disebutkan National Geographic, menurut ilmu botani, buah adalah sesuatu yang tumbuh dari bunga dan memiliki biji.

Ilustrasi timun (Foto: Thinkstock)

Timun sendiri juga diketahui tumbuh dari bunga. Bunganya berwarna kuning dan berbentuk kecil.

Dan kalau kamu biasa memakan timun, maka kamu juga pasti sudah tahu bawah timun memiliki biji.

Ilustrasi timun (Foto: Thinkstock)

Namun yang menarik, pada 1983 Mahkamah Agung Amerika Serikat pernah berkata bahwa timun adalah sayur. Hal ini bermula ketika seorang importir bernama John Nix sedang berusaha membawa kiriman tomat dari West Indies.

Pada saat itu seorang petugas bea cukai bernama Edward Hedden menerapkan pajak impor 10 persen pada "sayuran asing." Nix berpendapat bahwa tomat adalah buah dan tidak boleh dikenai pajak.

Dalam catatan persidangan Nix vs Hedden yang dilakukan di Mahkamah Agung pada 1893, tertulis bahwa Hakim Horace Gray menetapkan bahwa tomat, mentimun, dan "buah-buahan dari tanaman yang menjalar" lainnya digunakan sebagai sayuran dalam makanan manusia.

Singkatnya, Nix harus membayar pajak impor atas pengiriman tomatnya karena tomat ditetapkan sebagai sayur. Setelah itu, mentimun dan buah-buahan lain yang tidak biasa digunakan sebagai makanan penutup, secara hukum dianggap sebagai sayur-sayuran.

Tomat (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Akan tetapi, walaupun Mahkamah Agung AS pernah menetapkan timun sebagai sayur, berdasarkan sains timun tetap adalah buah karena tumbuh dari bunga.

Di bawah ini ada video yang memperlihatkan bunga timun, baik yang jantan dan betina. Selain itu, dalam video ini terlihat pula bahwa timun tumbuh dari bunga berwarna kuning yang kecil, serta memperlihatkan juga bentuk timun ketika masih berukuran kecil seperti ukuran bunganya.

Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60