Pencarian populer

Kerutan di Kening Bisa Jadi Pertanda Adanya Masalah di Jantung

Ilustrasi kerutan di dahi. (Foto: geralt via PIxabay)

Kerutan di kening bukan hanya bukti penuaan. Para ilmuwan Prancis menemukan bahwa kerutan di kening juga bisa menunjukkan tanda-tanda adanya masalah di jantung.

Menurut penelitian yang dipresentasikan di ESC (European Society of Cardiology) Congress 2018, orang dengan kerutan dahi lebih banyak dan dalam daripada orang seusianya memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

Yolande Esquirol, salah satu penulis studi dan profesor di Centre Hospitalier Universitaire de Toulouse, Prancis, berkata jika risetnya ini didukung dengan penelitian tambahan, maka melihat kerutan kening bisa menjadi cara yang mudah dan murah dalam mendeteksi penyakit jantung.

"Kalian tidak dapat melihat ataupun merasakan faktor risiko (penyakit jantung), seperti kolesterol ataupun hipertensi," kata Esquirol seperti dikutip Live Science.

"Kami mengamati kerutan di kening sebagai tanda adanya penyakit jantung karena hal ini sangat mudah dilihat. Hanya dengan melihat wajah seseorang, dapat menjadi pertanda dan kami dapat memberikan nasihat untuk mengurangi risiko penyakit jantung."

Dalam penelitian ini, analisis dilakukan pada lebih dari 3.200 orang dewasa di Prancis yang berusia 32, 42, 52, hingga 62 tahun. Peserta menjalani pemeriksaan pada kerutan di kening mereka dan diberikan penilaian dari 0 yang berarti tidak ada kerutan dan 3 yang berarti banyak kerutan.

Selama 20 tahun, para peneliti melakukan pengamatan terhadap para peserta. Sebanyak 233 orang di antara peserta meninggal dunia karena berbagai penyebab.

Peserta yang memiliki nilai kerutan 1 memiliki kemungkinan meninggal dunia karena penyakit jantung lima kali lebih tinggi sementara yang memiliki nilai 2 dan 3 memiliki kemungkinann 10 kali lebih tinggi dari yang memiliki nilai 0.

Riset ini hanya menemukan hubungan antara kerutan dahi dan peningkatan risiko penyakit jantung. Meski begitu, temuan ini tidak berarti bahwa kerutan langsung mengindikasikan penyakit jantung.

Bahaya Penyakit Jantung (Foto: Dok.Thinkstock)

Dr. Gregg Fonarow, profesor kedokteran jantung di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa hal ini memungkinkan, karena beberapa faktor penyakit jantung dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan pembuluh darah.

Dan kerutan di kening tidak selalu merupakan tanda seseorang memiliki penyakit jantung. Namun bila kerutan tersebut terlihat lebih dalam dan lebih banyak daripada usianya, maka hal tersebut bisa dijadikan sebuah peringatan dini.

Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan, khususnya pada populasi yang lebih beragam, untuk mengonfirmasi penemuan ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: