kumparan
25 Jun 2018 12:54 WIB

LIPI: Kedalaman Danau Toba 508 Meter, Bukan 1.600 Meter

Danau Toba (Foto: Commons Wikipedia/ Elvinamonica)
Sebuah video di media sosial tentang kedalaman 'asli' danau Toba menjadi viral, karena menunjukkan bahwa danau itu disebut memiliki kedalaman 1.600 meter atau lebih dalam tiga kali lipat dari dugaan sementara, yaitu 508 meter.
ADVERTISEMENT
Rumor semakin berkembang, setelah Kepala Kantor SAR Medan Budiawan mengatakan kemungkinan kedalaman Danau Toba di atas 600 meter, sehingga sonar yang digunakan tak mampu melakukan pencarian KM Sinar Bangun. Sebagai gantinya mereka memakai alat lain dengan daya jangkau hingga 2.000 meter.
Kabar kedalaman danau Toba mencapai lebih dari 600 meter, atau 1.600 meter, diragukan oleh peneliti Pusat Limnologi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Hadiid Agita Rustini. Ini karena Hadiid dan timnnya sudah melakukan pengukuran kedalaman Danau Toba.
"Kalau dari hasil pengukuran kami (Pusat Limnologi LIPI) sebenarnya tidak lebih dari 600 meter," kata Hadiid saat dihubungi oleh kumparanSAINS pada Senin (25/6).
Danau Toba (Foto: Commons Wikipedia/ Naomi Siringo)
Hadiid menambahkan, ada kemungkinan terjadi kesalahan informasi terkait satuan yang digunakan dalam mengukur kedalaman Danau Toba. Ia berpendapat bahwa angka 1.600 itu bukan menggunakan satuan meter, melainkan kaki (feet).
ADVERTISEMENT
"Kami agak khawatir kalau itu salah baca satuan. Jangan-jangan sebenarnya itu 1.600 feet (kaki). Kalau feet agak mungkin menurut kami."
Dalam satuan meter, 1.600 kaki berarti sama dengan 487,68 meter.
Untuk mengetahui kedalaman Danau Toba, Pusat Limnologi LIPI melakukan pemetaan batimetri (pengukuran kedalaman air) selama kurang lebih satu bulan. Pemetaan dilakukan dengan menggunakan GPS merk Garmin tipe GPSMAP 420s.
"Kami sudah melakukan tahun 2009-2010, kemudian terakhir tahun 2017 kami melakukan lagi."
Dari hasil pemetaan tersebut, ditemukan angka kedalaman maksimal dari Danau Toba adalah 508 meter. Dalam satuan kaki, 508 meter menjadi 1.666,67 kaki.
Beberapa penelitian lain mengungkapkan, perkiraan kedalaman danau Toba masih berada di sekitar angka 500 meteran. Ilmuwan Craig Chesner dari Eastern Ilinois University dan William Rose dari Michigan Technology University mengatakan, kedalaman danau Toba mencapai 530 meter atau sekitar 1.738 kaki.
Danau Toba (Foto: Commons Wikipedia/ Wagino)
Hadiid berkata ada kemungkinan bahwa beberapa wilayah di Danau Toba memiliki kedalaman lebih dari 500 meter.
ADVERTISEMENT
"Memang kami tidak memungkiri mungkin ada kedalaman yang lebih dari 500 meter, karena memang Danau Toba itu sangat luas. Kami melakukan pemetaan dengan menggunakan perahu dari utara ke selatan, barat ke timur, mungkin saja ada yang belum tergambarkan dengan jelas."
Hadiid tetap pada pendiriannya dengan mengatakan kedalaman Danau Toba mencapai 1.600 meter itu kurang logis. "Kedalaman 1.600 meter itu kurang logis menurut kami," tutup Hadiid.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·