kumparan
11 Des 2017 14:46 WIB

Mengapa Kenangan di Usia 15 sampai 30 Tahun jadi Paling Berkesan?

Kenangan masa muda (Foto: flickr/@StateFarm)
Cobalah sesekali minta kepada orang yang lebih tua untuk mengingat kenangan mereka yang paling jelas dan paling indah.
ADVERTISEMENT
Jika kenangan itu muncul dari rentang waktu usia 15 hingga 30 tahun, maka hal itu sejalan dengan penelitian Claudia Hammond, psikolog dan penulis novel 'Time Warped'. Ia mengungkapkan peristiwa paling mengesankan dalam hidup seseorang terjadi antara usia 15 dan 30 tahun.
"Itulah periode waktu ketika enam dari 10 peristiwa terpenting dalam kehidupan seseorang biasanya terjadi, menurut sebuah studi tahun 2004: mulai sekolah, kuliah, mendapatkan pekerjaan pertama mereka, jatuh cinta, menikah, dan memiliki anak," ungkap Claudia seperti dilansir Businees Insider.
Psikolog menyebut fenomena ini sebagai 'reminiscence bump' atau hentakan kenangan sehingga ini membantu menjelaskan mengapa tahun-tahun sebelumnya tampak jauh lebih berkesan daripada kehidupan setelah 30 tahun. Penyebabnya, di usia 30 tahun, biasanya seseorang telah dalam posisi stabil dalam artian persoalan pekerjaan dan kehidupan pribadi, seperti menikah dan memiliki anak.
ADVERTISEMENT
"Kunci dari kejadian kenang-kenangan itu adalah hal baru," tulis Claudia Hammond dalam bukunya 'Time Warped'.
Lebih lanjut Claudia menambahkan alasan kita mengingat masa muda dengan baik adalah karena semua tentang pengalaman pertama, seperti hubungan seksual pertama, pekerjaan pertama, perjalanan pertama tanpa orang tua, pengalaman pertama tinggal jauh dari rumah, pertama kali kita mendapatkan banyak pilihan nyata dalam kehidupan.
Sementara itu, apakah kenangan di usia 15 hingga 30 tahun dapat digantikan?
Chip dan Dan Heath, penulis 'The Power of Moments: Why Certain Experiences Have Extraordinary Impact', mengatakan rangkaian peristiwa baru dapat mengubah persepsi kita tentang waktu, dan ketika waktu berjalan, kehidupan tampak meningkat seiring pertambahan usia.
Dalam konteks ini seseorang akan bisa menggantikan kenangan yang terjadi sebelumnya dengan perubahan yang drastis di usia setelah 30 tahun.
ADVERTISEMENT
"Akan sangat mudah untuk membuat perubahan ingatan kedua di akhir kehidupan. Seperti menceraikan pasangan Anda, berhenti dari pekerjaan, atau pindah domisili dengan pekerjaan baru," ungkap Chip dan Dan heath dalam bukunya.
Dengan kata lain, kamu harus menekankan masa dewasa kamu dengan pengalaman segar tanpa berlebihan. Seorang psikolog terkenal, Erik Homburger Erikson, dalam teori psikologi dan pertumbuhan manusia mengutarakan filosofi dunia bertambah besar seiring dengan diri kita.
Ia hendak mengatakan bahwa dunia semakin besar seiring dengan perkembangan karena kapasitas persepsi dan kognisi manusia juga mengalami perubahan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan