Pencarian populer
Mudah dan Sehat, 7 Olahraga ini Bisa Dilakukan di Kantor atau di Rumah
7 Desember 2018 19:55 WIB
0
0
Olahraga lengan dengan kursi. (Foto: Zahrina Yustisia Noorputeri/kumparan)
Idealnya, manusia melakukan olahraga atau aktivitas fisik selama 150 menit seminggu. Namun kesibukan seringkali menjadi kambing hitam untuk melupakan olahraga. Padahal, menurut dokter spesialis kesehatan olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.KO, pola hidup sedentari atau kurang gerak berbahaya bagi kesehatan tubuh.
"Pola hidup kurang gerak dikombinasikan dengan makan dan minum yang tidak sesuai dapat mendekatkan pada kematian," kata Michael saat ditemui di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Borobudur, Menteng, pada Jumat (7/12).
Sebaliknya, berbagai manfaat bisa kita rasakan hanya dengan beraktivitas fisik sesuai dengan waktu yang dianjurkan. "Peredaran darah lancar, jantung baik, pencernaan baik, sistem saraf (baik) yang mengatur gerak dan keseimbangan."
Karena itu, tidak ada alasan untuk tidak olahraga meski sibuk. Michael menyarankan tujuh olahraga berikut ini yang menurutnya bisa dilakukan sehari-hari di kantor maupun di rumah.

1. Jalan
Ilustrasi anak jalan-jalan dengan orang tua. (Foto: Thinkstock)
Jalan memang olahraga paling mudah dan murah, tidak perlu banyak persiapan. "Jalan keliling kompleks (perumahan) bisa," kata Michael.
Bahkan bila tidak ada kesempatan berjalan keliling kompleks perumahan, misalnya karena waktu habis di kantor, berjalan keliling kantor atau bahkan sekadar berjalan di dalam ruangan juga sudah cukup.

2. Menggunakan mini cycle
Mini cycle adalah alat berupa pedal sepeda yang bisa ditaruh di bawah meja. Mini cycle bisa digowes sambil melakukan pekerjaan. Selain digowes dengan kaki, olahraga dengan mini cycle bisa dilakukan dengan tangan.

3. Sit up
Melakukan sit up di tengah ruang kerja mungkin memalukan. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan variasi seperti yang dianjurkan oleh Michael. Caranya dengan duduk di tepi kursi, pegang tepian kursi, rapatkan lutut, kemudian angkat kaki perlahan-lahan.

4. Push up
Sama seperti sit up, melakukan push up di kantor mungkin agak merepotkan bila harus dilakukan di lantai. Sebagai gantinya, push up bisa dilakukan dengan menyandarkan telapak tangan di tembok atau meja dan mulai melakukan gerakan seperti push up biasa.

5. Angkat beban
Angkat beban di kantor. (Foto: Zahrina Yustisia Noorputeri/kumparan)
Tidak perlu membawa barbel atau dumbbell, angkat beban bisa dilakukan di kantor atau di rumah dengan benda yang ada di sekitar kita. Michael mencontohkan, dengan mengangkat tas dan menggerakkan tangan seperti sedang latihan dengan menggunakan dumbbell juga sudah cukup, baik sambil duduk maupun berdiri.
"Dengan belanjaan pun bisa begini," kata Michael menirukan gerakan tangan naik-turun.

6. Olahraga otot trisep
Pull up dengan kursi. (Foto: Zahrina Yustisia Noorputeri/kumparan)
Bagi kalian yang bermimpi punya otot lengan yang bagus tapi tidak sempat ke gym, maka kalian bisa melakukan olahraga sederhana dengan menggunakan kursi. Caranya dengan merendahkan badan, kemudian pegang kursi yang ada di belakang tubuh, angkat tubuh perlahan-lahan.

7. Kickback
Kickback dengan kursi. (Foto: Zahrina Yustisia Noorputeri/kumparan)
Kickback adalah olahraga yang berguna untuk mengencangkan otot di bagian bokong. Latihan otot ini bisa dilakukan sambil mengangkat beban ringan. Michael mencontohkan dengan menggunakan kursi lipat yang ditaruh di kaki, kemudian menggerakkan kaki ke belakang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: