Pencarian populer

Pekerja Bangunan di Denmark Temukan Pedang Kuno 700 Tahun di Selokan

Jannick Vestergaard dan Henning Noh berpose dengan pedang temuannya. Foto: Northern Jutland Historical Museum

Jannick Vestergaard dan Henning Noh, dua pekerja konstruksi di Denmark, mendapat kejutan unik. Mereka menemukan sebuah pedang bersejarah dari abad ke-14 yang uniknya masih tajam.

Pedang ini mereka temukan saat keduanya sedang menggali sebuah selokan di Aalborg, Denmark.

Temuan itu mereka laporkan kepada Kenneth Nielsen, arkeolog di Historical Museum of Northern Jutland, Denmark. Nielsen, dalam pernyataan yang dilansir Gizmodo, mengonfirmasi bahwa memang pedang itu berasal dari abad pertengahan atau sekitar 700 tahun lalu.

Waktu seakan tak terlalu banyak mempengaruhi pedang tersebut. Menurut pihak museum, pedang seberat 1 kilogram dan memiliki panjang 93 centimeter itu masih cukup tajam.

Pedang berusia 700 tahun yang ditemukan di dalam selokan di Denmark. Foto: Northern Jutland Historical Museum

Sementara itu, hasil analisis Nielsen mengungkapkan pedang itu dibuat dengan telaten dan memiliki kualitas tinggi. Bagian mata pedang yang tipis membuatnya ringan dan mudah digunakan.

Elemen lain dari pedang itu, seperti kualitas batang silang yang membatasi bagian gagang dengan mata pedang, juga menunjukkan tingkat keterampilan yang tinggi dari pembuatnya.

Pihak museum mengatakan bahwa pedang kuno itu merupakan pedang mahal. Mereka menduga pedang itu sempat dimiliki oleh seseorang yang kaya, kemungkinan seorang bangsawan.

Meski begitu, tidak banyak yang kita ketahui apa alasan pedang ini ditinggalkan begitu saja. Nielsen menduga pedang ini hilang dari pemiliknya pada suatu pertempuran.

Pedang berusia 700 tahun sedang dianalisis oleh ahli. Foto: Northern Jutland Historical Museum

Memang pada abad ke-14, Denmark dilanda banyak aksi perang. Selain itu, pedang yang ditemukan itu memiliki tanda-tanda pernah digunakan dalam pertempuran. Jadi ada kemungkinan pedang ini terjatuh dan tidak pernah ditemukan oleh pemiliknya hingga sekarang.

Vestergaard dan Noh, penemu pedang itu, sayangnya tidak diizinkan untuk menyimpannya. Mereka hanya diperbolehkan berpose bersamanya dalam satu foto. Pedang kuno itu selanjutnya akan dibersihkan dan dipamerkan di Aalborg Historical Museum, Denmark.

Yah, setidaknya Vestergaard dan Noh punya cerita unik untuk hidupnya. Bagaimana mereka menemukan pedang kuno dari abad ke-14 saat sedang menggali selokan. Bersejarah bukan?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: