Pencarian populer

Peneliti Ciptakan Bantal Canggih Peredam Suara Dengkuran

Mendengkur berbahaya bagi kesehatan (Foto: Thinkstock)

Tidur sekamar dengan orang yang punya suara dengkuran keras tentu bisa bikin kita tak nyaman. Hal semacam ini mungkin bisa diakali dengan menggunakan headset anti suara. Namun cara demikian malah membuat posisi tidur kita jadi terganggu.

Melihat permasalahan ini, para peneliti di Northern Illinois University, Amerika Serikat, menciptakan sebuah bantal khusus yang mampu melawan suara dengkuran tanpa mengganggu posisi tidur kita. Hasil temuan mereka ini telah dilaporkan di dalam EEE/CAA Journal of Automatica Sinica.

Dalam riset ini para peneliti menciptakan sebuah bantal yang dihubungkan dengan pengeras suara serta mikrofon. Speaker itu bisa mengeluarkan suara untuk membantu meminimalkan suara pengganggu di kamar.

Cara kerjanya begini, akan ada tiga mikrofon akan diletakkan di dalam kamar. Satu tugasnya menangkap suara dengkuran seseorang, sementara sisanya menangkap suara kamar pada normalnya. Kemudian suara-suara ini akan diproses oleh suatu algoritma yang punya kemampuan beradaptasi.

Pada prinsipnya, suara dengkuran masing-masing orang tidaklah sama dan tidak selalu sama. Pola pernapasan, dan posisi tidur, bisa membuatnya berbeda-beda.

Jadi dengan menggunakan algoritma yang bisa menyesuaikan dan mengadaptasikan kemampuan peredam suara dengkuran, maka bantal ini bisa memberikan pemakainya kenyamanan serta rasa aman dari suara dengkuran dengan lebih baik.

Ilustrasi Tidur. (Foto: Shutterstock)

Dalam uji cobanya, sebagaimana dilansir Gizmodo, para peneliti menemukan bahwa bantal ini mampu mengurangi tingkat kebisingan akibat dengkuran hingga 31 desibel. Ini bisa disamakan dengan membuat suara bising dari mesin pembersih debu menjadi mirip dengan suara sepi di suatu kantor.

Memang suara di kamar tidak akan hilang sepenuhnya. Tapi mengingat kondisi si dengkuran yang sangat keras bisa muncul dan pendengkur yang tidur tepat di samping Anda, bisa dibilang bantal ini bisa memberi peningkatan kenyamanan yang cukup lumayan.

Bantal canggih ini masih dalam tahap pengembangan dan belum siap dijual untuk masyarakat luas. Jadi, kamu yang punya teman tidur suka mendengkur, tampaknya masih harus bersabar di bawah "penindasan" teman pendengkurmu itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: