kumparan
7 Mei 2018 21:52 WIB

Peneliti Ungkap Hasil Riset Terbaru soal Kamar Rahasia di Makam Firaun

Topeng Kematian dari Firaun Tutankhamun (Foto: Maaark via Pixabay)
Pada 2015 pemerintah Mesir mengatakan yakin 90 persen bahwa ada kamar rahasia di dalam makam firaun Tutankhamun.
ADVERTISEMENT
Arkeolog Nicholas Reeves mengatakan, kemungkinan adanya kamar rahasia di dalam makam ini adalah berdasarkan dari bukti radar dan hasil pemindaian yang menunjukkan adanya dua pintu menuju ke sebuah ruangan.
Sebuah teori yang meyakini keberadaan kamar rahasia ini, sebagaimana dikutip dari BBC, menyebut kamar rahasia ini bisa jadi merupakan makam dari Ratu Nefertiti, permaisuri agung yang diduga sebagai ibu tiri Tutankhamun.
Ratu Nefertiti. (Foto: Josh Gates/Instagram)
Jenazah Ratu Nefertiti memang tidak pernah ditemukan, tapi keberadaannya ditunjukkan oleh berbagai peninggalan, salah satunya berupa patung dada berusia 3.300 tahun yang menggambarkan sosok sang ratu.
Sebelumnya Reeves telah menuliskan kemungkinan adanya kamar rahasia tempat Nefertiti disemayamkan ini dalam makalahnya yang berjudul The Burial of Nefertiti. Namun hasil pemindaian terbaru yang dilakukan oleh Francesco Porcelli, peneliti dari Polytechnic University of Turin, mengungkapkan bahwa ruangan rahasia ini mungkin tidak ada.
ADVERTISEMENT
Porcelli melakukan penelitian sejak Februari 2017 dengan menggunakan radar yang dapat menembus tanah dan ia tidak menemukan kamar rahasia seperti yang diteorikan sebelumnya. Porcelli mempresentasikan hasil penemuannya ini di konferensi internasional yang diadakan di Kairo, Mesir.
Foto saat makam Tutankhamun ditemukan tahun 1922. (Foto: Harry Burton via Wikimedia Commons)
“Hasil penelitian kami sudah konklusif dan kami tidak menemukan adanya kamar tersembunyi ataupun koridor yang berdekatan dengan makam Tutankhnamun,” kata Pocelli dilansir The Independent.
"Seperti yang Anda ketahui, ada teori yang mendukung keberadaan kamar-kamar ini, tetapi sayangnya penelitian kami tidak mendukung teori ini."
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·