kumparan
22 Apr 2019 20:01 WIB

Potensi Kekayaan Laut Indonesia Ternyata Capai Rp 1.772 Triliun

Sejumlah wisatawan berenang bersama seekor Hiu Paus di perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (21/4). Foto: ANTARA FOTO/Dian Bawenti
Hasil riset yang dilakukan oleh Puji Rahmadi, peneliti dari Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2O LIPI), mengungkapkan bahwa nilai kekayaan laut di Indonesia ternyata mencapai Rp 1.772 triliun.
ADVERTISEMENT
"Laut Indonesia sangat luas. Potensi kekayaan dari Indonesia yang sudah diketahui saja mencapai lebih dari Rp 1.700 Triliun atau setara dengan 93 persen dari total APBN Indonesia tahun 2018," ujar Puji saat ditemui kumparanSAINS di atas Kapal Riset LIPI di perairan Muara Baru, Jakarta Utara, Senin (22/4).
Nilai kekayaan itu bersumber dari ikan, terumbu karang, ekosistem mangrove, ekosistem lamun, potensi wisata bahari, dan lain sebagainya.
Peneliti Oseanologi Ekologi Lingkungan LIPI, Puji Rahmadi. Foto: Alfaddillah /kumparan
Puji menghitung total nilai tersebut dari akumulasi data penelitian sebelumnya. Setelah itu, dia melanjutkan penelitian dalam kurun waktu antara tahun 2005 hingga tahun 2013 demi melengkapi data kekayaan laut dari Sabang hingga Papua.
Menurut data hasil penelitian Puji, potensi kekayaan wilayah pesisir menyumbang kekayaan terbesar laut Indonesia, yakni mencapai Rp 560 triliun. Lalu disusul potensi kekayaan bioteknologi sebesar Rp 400 triliun, kekayaan perikanan sebesar Rp 312 triliun, kekayaan minyak dan bumi sebesar Rp 210 triliun, dan transportasi laut Rp 200 triliun,
ADVERTISEMENT
Setelah itu, ada potensi kekayaan terumbu karang yang mencapai Rp 45 triliun, mangrove mencapai Rp 21 triliun, wisata bahari Rp 21 triliun, dan lamun Rp 4 triliun.
Jika besar dari sembilan potensi kekayaaan ini dijumlahkan, maka total potensi kekayaan laut Indonesia mencapai 1.772 triliun, sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.
Menteri Susi Pudjiastuti berharap seluruh bangsa Indonesia dapat melihat keindahan laut dan segala jenis ikan yang ada di lautan salah satunya melalui tempat seperti Jakarta Aquarium. Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan
Belum termanfaatkan secara optimal
Wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan didominasi oleh laut atau perairan. “Bahkan Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua dunia hingga mencapai 99.000 kilometer,” kata Puji.
Dengan luas perairan yang mencapai 6,3 juta kilometer persegi, sangat wajar Indonesia punya potensi kekayaan laut yang sangat besar. Sayangnya, potensi kekayaan laut yang dimiliki negeri ini belum dimanfaatkan secara optimal.
Salah Satu Pesisir di Pulau Terluar di Indonesia. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Menurut Puji, potensi kelautan Indonesia yang sangat besar ini masih butuh pengaturan yang baik agar pemanfaatan dapat optimal dan lestari. Salah satu upaya ke arah sana adalah dengan melakukan penelitian atau riset.
ADVERTISEMENT
“Kegiatan riset merupakan usaha optimalisasi dalam memanfaatkan potensi laut Indonesia. Laut Indonesia memiliki sumber daya air, ikan, karang, lamun, mangrove dan berjuta biota lain yang mempunyai nilai ekonomis tinggi bahkan menjadi sumber penghidupan masyarakat,” jelas Puji.
Kapal Riset LIPI. Foto: Alfaddillah /kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan