kumparan
2 Jul 2018 7:26 WIB

Riset: Kambing Sama Pintar dengan Anjing, Bisa Jadi Hewan Peliharaan

Pasangan dari Ohio Melepas Kambing-Kambingnya (Foto: The Blade/Jeremy Wadsworth)
Kambing mungkin bukan hewan yang terlihat enak untuk dipeluk. Tapi, sekelompok peneliti menemukan bukti jika kambing sebenarnya memiliki kepintaran yang sama dengan anjing.
ADVERTISEMENT
Bahkan, kambing juga disebut bisa membangun hubungan emosional dengan manusia seperti semua hewan peliharaan lainnya.
Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2016 dan dipublikasikan di Biology Letters, dikatakan kambing sangat sering menatap wajah pemiliknya ketika mereka kesulitan melakukan suatu kegiatan. Perilaku ini diketahui biasa ditemukan pada anjing peliharaan.
"Kambing menatap manusia dengan cara yang sama seperti anjing ketika mereka meminta makanan yang jauh dari jangkauannya," ujar salah satu peneliti, Christian Nawroth, dari Queen Mary University, London, dilansir Science Alert.
"Hasil studi kami menunjukkan bukti kuat terkait komunikasi kompleks pada manusia yang dilakukan spesies yang dipelihara untuk produksi pertanian, dan menunjukkan kesamaan dengan hewan lain yang menjadi peliharaan atau hewan pekerja, seperti anjing dan kuda," tambahnya.
Yoga Bersama Kambing di Amerika Serikat (Foto: AFP/Mark Ralston)
Mungkin kita memang jarang mendengar kambing dijadikan hewan peliharaan, tapi selama 10 ribu tahun lamanya kambing sering dimanfaatkan manusia untuk keperluan pertanian.
ADVERTISEMENT
Dan baru sekarang, peneliti berpendapat kambing juga bisa dijadikan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kuda.
Tanda-tanda kambing bisa dijadikan hewan peliharaan sebenarnya terlihat dari salah satu kebiasaan mereka. Kambing ternyata bisa hidup di luar kawanannya, sementara domba yang baru-baru ini sering dipelihara, masih sulit hidup jauh dari kawanan.
Kambing sama pintar dengan anjing
Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan Nawroth bersama timnya, terungkap juga jika kambing ternyata cukup pintar, bahkan bisa menyaingi kepintaran anjing. Kambing bisa membedakan mangkuk yang ada makanannya atau tidak.
Dalam studi tersebut, ada 34 kambing yang diteliti. Puluhan kambing itu menjalani sejumlah tes untuk menunjukkan kepintaran mereka. Dari pengujian ini, kambing-kambing itu menatap manusia ketika mereka merasa kesulitan.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, kambing-kambing ini telah mengubah perilaku mereka berdasarkan perhatian manusia, yang sebelumnya dianggap hanya berlaku pada anjing, kucing, dan kuda.
Peternak memberi makan kambing di Sentra Ternak (Foto: ANTARA FOTO/Rahmad)
"Dari riset awal kami, kami sudah tahu jika kambing lebih pintar dari yang dianggap selama ini," ucap peneliti lain, Alan McElligott.
"Dari hasil studi ini terlihat bagaimana mereka bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan pemiliknya meskipun mereka bukan hewan peliharaan atau hewan pekerja," lanjutnya.
Tapi, baru satu studi yang menunjukkan hal ini sehingga masih harus dilakukan penelitian lagi untuk memastikan jika kambing memang benar-benar pintar dan bisa jadi peliharaan.
Para peneliti mengatakan bakal terus menyelidiki perilaku dari kambing dan berharap bisa memamhami bagaimana manusia bisa mempengaruhi evolusi dari hewan peliharaan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan