Pencarian populer

Seorang Pria di Inggris Beli Tempat Sikat Gigi Berusia 4.000 Tahun

Lukisan antelope wadah tembikar berusia 4.000 tahun. (Foto: Hansons Auctioneers)

Karl Martin, seorang pria asal Inggris, membeli sebuah wadah tembikar dari pasar barang bekas untuk digunakan sebagai tempat menaruh sikat giginya.

Pria tersebut mengaku membeli wadah itu dan beberapa barang lainnya seharga 5 dolar AS atau sekitar Rp 72 ribu saja, tanpa menyadari bahwa ia sebenarnya telah membeli sebuah gelas yang telah berusia 4.000 tahun.

Wadah tersebut terbuat dari tembikar yang dihiasi dengan lukisan antelope, hewan bertanduk mirip rusa yang banyak hidup di wilayah Afrika dan Eurasia.

"Saya langsung menyukainya," kata Karl, seperti dikutip dari Live Science.

Penampakan wadah tembikar 4.000 tahun. (Foto: Hansons Auctioneers)

Wadah tersebut ternyata berasal dari Peradaban Harappa di Lembah Indus yang berkembang di wilayah barat laut Asia Selatan selama Zaman Perunggu, menurut James Brenchley, Kepala Barang Antik di rumah lelang Hansons Auctioneers.

Ia menjelaskan Indus bersama dengan Mesir kuno dan Mesopotamia, adalah salah satu dari tiga peradaban utama di Dunia Lama.

Karl sendiri mengaku tidak tahu kisah di balik wadah yang ia beli tersebut sehingga ia menggunakannya sebagai wadah sikat gigi. "Saya menggunakan wadah tersebut di kamar mandi untuk menaruh sikat dan pasta gigi saya. Bahkan ada sisa pasta gigi di situ," ungkap Karl.

Karl Martin bersama dengan wadah tembikar 4.000 tahun. (Foto: Hansons Auctioneers)

Ia kemudian baru menyadari kalau wadah sikat giginya tersebut mungkin istimewa setelah ia membantu Brenchley mengangkut barang dari mobil van miliknya ke rumah lelang Hansons Auctioneers di Inggris. Ia menemukan beberapa wadah tembikar yang memiliki gaya sama dengan miliknya.

"Gaya lukisannya sama, dan ada lukisan hewan yang mirip," kata Karl.

Brenchley pun melakukan pemeriksaan pada wadah milik Karl tersebut dan akhirnya diketahui kalau wadah tersebut berasal dari Afghanistan dan dibuat sekitar tahun 1900 Sebelum Masehi.

"Artinya tembikar ini sudah 4.000 tahun usianya. Tembikar ini dibuat 2.000 tahun sebelum Yesus lahir. Ini luar biasa, saya tidak tahu kenapa benda ini bisa ada di pasar di South Derby," ucapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20