Pencarian populer

Setelah 'Salju Hitam', Kini Muncul 'Salju Hijau' di Rusia

Salju berwarna hijau di Rusia Foto: RIA New Day/YouTube

Setelah kejadian turunnya “salju hitam” di daratan Kota Kuzbass, sekarang muncul “salju hijau” di Kota Pervouralsk, Rusia. Kedua fenomena di Februari 2019 ini punya sumber serupa, yaitu akibat ulah manusia mencemarkan lingkungan.

Bedanya, jika salju hitam sebelumnya disebabkan debu batu bara hitam beracun, salju hijau kali ini diduga akibat pelepasan zat kimia dari suatu pabrik krom di Pervouralsk. Memang ada sebuah pabrik krom di kota yang punya populasi sekitar 125 ribu orang itu.

Kepada media lokal, pihak pabrik menolak anggapan bahwa salju hijau ini berbahaya bagi penduduk. "Ini adalah situasi biasa bagi penduduk yang seharusnya tidak menyebabkan kekhawatiran," ujar Vsevolod Oreshkin, juru bicara pabrik tersebut, sebagaimana dikutip IFL Science.

"Salju ini tidak membahayakan hidup atau kesehatan orang dewasa maupun anak-anak. Ini adalah Pervouralsk. Ada banyak perusahaan industri di sini. Jika kita mengambil sampel salju dari manapun di sini, kita akan melihat banyak zat berbahaya," tambah dia.

Para penduduk Pervouralsk tak setuju dengan pernyataan Oreshkin. Kepada media lokal mereka mengatakan bahwa banyak anak mulai sakit ketika salju hijau mulai muncul.

"Anak-anak menjadi sakit, mereka batuk-batuk dan kulitnya jadi kemerahan, selain itu muncul ruam di wajah mereka. Ini semua setelah berjalan dekat salju hijau kekuningan yang mulai muncul," ujar Natalya Solovey, warga setempat, kepada ND News.

Sedihnya, kejadian ini sering terjadi. Warga setempat mengatakan bahwa mereka setiap tahun melihat salju hijau seperti ini.

IFL Science melaporkan, banyak protes bermunculan kepada pemerintah terhadap situasi ini. Pihak pemerintah dianggap lalai mengatur pengolahan limbah.

Sementara itu The Independent melaporkan bahwa kejadian ini akan merusak popularitas Presiden Rusia Vladimir Putin dan menambah daftar kasus lingkungan di Rusia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23