kumparan
29 Des 2018 9:41 WIB

Temuan Baru, Celana Dalam Metal yang Aman Dipakai Sepekan tanpa Dicuci

Celana dalam buatan Organic Basics. (Foto: Organic Basics)
Ada kabar baik bagi mereka yang malas cuci celana dalam. Perusahaan Organic Basics asal Denmark berhasil membuat celana dalam yang bisa terus dipakai selama seminggu berturu-turut tanpa perlu dicuci. Hah, serius?
ADVERTISEMENT
Sebagian orang mungkin berpendapat produk ini jorok. Tetapi bagi Organic Basics, mereka mengklaim temuan inovatif ini bisa membantu menyelamatkan lingkungan.
"Bisnis kami adalah fesyen ramah lingkungan. Cara tradisional untuk membeli, menggunakan, mencuci, dan membuang pakaian dalam mahal adalah suatu pemborosan sumber daya yang sia-sia. Dan itu adalah suatu hal yang sangat membahayakan lingkungan," kata Mads Fibinger, CEO Organic Basics, dilansir Business Insider.
Metal, adalah materi kunci yang membuat celana dalam ini tidak perlu sering dicuci. Metal tersebut juga digunakan NASA untuk memurnikan air bagi astronaut di luar angkasa.
Pakaian dalam itu memiliki sebuah lapisan formula perak yang diklaim bisa membunuh 99.9 persen bakteri dan bau tak sedap di pakaian dalam.
Celana dalam buatan Organic Basics. (Foto: Organic Basics)
"Hal ini bekerja. Anda bisa menggunakan pakaian dalam Anda untuk waktu yang lebih lama sebelum dicuci," kata CEO berusia 27 tahun itu. "Anda bisa menghemat waktu dan uang sambil kita mengurangi penggunaan air serta energi yang sia-sia."
ADVERTISEMENT
Perusahaan ini percaya industri fesyen harus berubah mulai sekarang. Sebuah studi dari Ellen MacArthur Foundation yang menemukan pada 2050, industri tekstil akan mengalami peningkatan konsumsi energi menjadi tiga kali lipat. Hal ini bisa membuatnya menjadi penyumbang 26 persen emisi global.
"Kami percaya bahwa industri fesyen adalah orang-orang yang tidak berkontribusi demi lingkungan yang lebih baik. Kami ingin menunjukkan bahwa hal itu bisa dilakukan dengan membuat produk hebat, harganya terjangkau, dan ramah lingkungan," jelas Organic Basic.
Pakaian dalam terbuat dari 100 persen material daur ulang
Sementara produk yang dipakai Organics Basic, diklaim sepenuhnya produk daur ulang. Produk ramah lingkungan Organics Basic pertama kali meluncur pada 2017.
Sekarang Organic Basic membawa generasi baru yang dinamai Silvertech 2.0. Produk tersebut terbuat dari 100 persen material daur ulang, dan menggunakan perak yang dianggap aman oleh sistem Bluesign, pemberi standar keamanan lingkungan serta kesehatan bagi manufaktur tekstil.
ADVERTISEMENT
Organic Basics menggunakan nilon yang didaur ulang dengan mesin. Selain itu, mereka juga menggunakan teknologi merajut yang membuat pakaian dalam lebih nyaman untuk digunakan dalam periode waktu yang lebih panjang.
Buat kamu yang tertarik, sepasang celana dalam pria model Boxer keluaran perusahaan tersebut dibaderol 64 dolar AS atau sekitar Rp 928 ribu. Sementara sepasang celana dalam perempuan model Thong dibanderol 56 dolar AS atau sekitar Rp 815 ribu. Produknya bisa dibeli langsung dari laman resmi Organic Basics.
Tertarik membeli?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan