kumparan
4 Jan 2018 13:24 WIB

Ternyata, Mengingat Nama Orang Lain Itu Memang Sulit

Ilustrasi lupa (Foto: Thinkstock)
Apakah kamu kerap kesulitan untuk megingat nama orang yang baru saja kamu kenal? Jika iya, ternyata mengingat nama memang bukan perkara yang mudah.
ADVERTISEMENT
Dilansir Business Insider, sebuah penelitian di tahun 1986 menunjukkan hal yang paling orang-orang ingat dari orang baru adalah pekerjaannya. 69 persen orang yang menjadi partisipan penelitian itu bisa mengingat orang lain dari pekerjaannnya. Kemudian, 69 persen dari hobi, dan 62 persen dari kota asalnya.
Namun hanya 31 persen partisipan yang berhasil mengingat nama depan dan hanya 30 persen yang bisa mengingat nama belakang dari orang baru.
Mengapa mengingat nama seseorang begitu sulit bahkan meskipun kita sudah mengenal orang tersebut dalam waktu lama?
Ternyata alasan mengingat nama itu sulit adalah seperti kata Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama?”
Ilustrasi ganti nama (Foto: Bagus Permadi/kumparan)
Dikutip dari Psychological Science, ilmuwan psikologi dari University of Florida, Lise Abrams dan Danielle K. Davis mengatakan, “Kemampuan untuk mengingat nama orang dengan baik dan benar itu relatif sulit dibandingkan mengingat kata-kata lain.
ADVERTISEMENT
Nama tidak memiliki arti tertentu sehingga sulit untuk diingat. Nama juga bersifat sangat arbiter atau mana suka. Tidak ada kriteria tertentu untuk seseorang agar bisa memiliki nama ‘Anton’ atau ‘Agus’. Siapa pun boleh memiliki nama ‘Anton’ atau ‘Agus’.
Bahkan ketika seseorang punya nama ‘Mawar’, tentu itu tidak menggambarkan dirinya. Sebab, pemilik nama itu adalah seorang manusia, bukan sebatang bunga. Karena itulah, nama tidak memiliki arti.
Nama akan menjadi lebih mudah diingat ketika seseorang memiliki gelar atau jabatan tertentu misalnya. Orang akan lebih mudah mengingat nama Ratu Elizabeth Kedua. Begitu nama itu disebut, tentu orang akan mudah mengingat siapa itu.
Selain nama orang terkenal, nama panggilan ataupun nama julukan juga bisa diingat dengan lebih mudah, terutama bila berhubungan dengan ciri-ciri orang tersebut. Misalnya pada seseorang yang sangat pintar ia diberi julukan ‘Si Profesor’, maka julukan profesor itu yang akan lebih mudah diingat daripada nama aslinya.
ADVERTISEMENT
Karena itu, lupa atau kesulitan mengingat nama seseorang sangatlah wajar. Kamu tidak perlu malu mengakui kalau kamu lupa nama teman barumu. Cukup tanyakan lagi dan pastikan kamu bisa mengingat namanya setelah bertanya lagi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan